6 Mei 2020 21:30

Plt Bupati Serahkan BLT DD Kepada 128 Warga Karang Raja

Plt Bupati Serahkan BLT DD Kepada 128 Warga Karang Raja

Kaganga.com, Muara Enim - Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap warganya, 128 warga Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim terima Bantua Langsung Tunai Daa Desa (BLT DD) yang diserahkan secara simbolis oleh Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH, Rabu (06/05/2020).

Adapun ke-enam warga yang menerima dana BLT DD secara simbolis tersebut yakni Nuraini, Amirudin, Arjuna,
Sabidin dan Hosinap.

Menurut Kades Karang Raja Oktav Vianty Am.Keb, didampingi Petugas Pendamping Lokal Desa (PLD) Karang Raja Sofyan Sauri, bahwa untuk warga Desa Karang Raja yang menerima dana BLT DD sebanyak 128 KK dari 2100 KK.

Dana BLT DD tersebut dibayarkan sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan yakni bulan April, Mei dan Juni. Untuk total dana BLT DD yang disalurkan sebesar Rp 230,4 juta selama tiga bulan yang berasal dari 20 persen plafon dana desa sebesar Rp 1,1 miliar.

"Kalau aturannya kami bisa maksimal menyalurkan 30 persen dari dana desa, namun karena untuk pembangunan lain dan penanganan Covid 19, kami memilih untuk membagikan sebesar 20 persen saja," tukasnya.

Adapun kriteria warga yang mendapat BLT DD tersebut, kata Oktav, antara lain yakni warga yang tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) serta Kartu Pra Kerja, Warga yang kehilangan penghasilan seperti kena PHK, Warga yang tidak terdata atau masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) alias non DTKS, dan lain-lain.

Salah satu penerima BLT DD Amirudin (64) warga Dusun III, Desa Karang Raja, bahwa pihaknya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah atas dampak Covid 19. Sebab bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan mereka sebab semenjak wabah Covid 19 ini, praktis seluruh aktifitas warga terhenti atau tidak maksimal lagi.

"Saya dulunya hanya sebagai petani, tetapi sekarang tidak kuat lagi bertani. Ditambah dengan adanya Corona jadi nyaris tidak ada penghasilan lagi. Rumah saja saya numpang dengan anak," ujarnya.

Sementara itu Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muaraenim Drs H Emran Tabrani MSi, pencairan BLT DD untuk warga yang tidak mampu kecuali TNI, Polri, PNS, BUMN/BUMD dan warga yang mampu, yang terkena dampak Covid 19 ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat.

"Ini berlaku seluruh desa, dan kebetulan Desa Karang Raja pendataannya sudah selesai, makanya sudah menerima BLT DD. Bagi desa yang terlambat pendataanya tentu akan lambat juga. Untuk kami minta dipercepat pendataannya," terangnya.

Untuk itu, sambung Juarsah, pihaknya berharap kepada masyarakat Kabupaten Muaraenim yang mendapatkan BLT DD tersebut, untuk selalu bersyukur dan menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan hal-hal yang konsumtif.

Dana tersebut kebetulan semuanya masuk rekening bank atas nama masing-masing penerima, sehingga mengeliminir adanya penyimpangan dan lain-lain.

Ditambahkan Emran Tabrani, sesuai dengan aturan, alokasi jumlah Dana Desa untuk BLT disesuaikan dengan total Dana Desa 2020 yang diperoleh setiap desa. Jika desa memperoleh di bawah Rp 800 juta maka alokasi BLT sebesar 25 persen. Jika desa memperoleh Rp 800 juta - Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT sebesar 30 persen, dan jika desa memperoleh di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT mencapai 35 persen.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Advertorial

Komentar