9 Apr 2017 15:15 | 27

6 Tipe Wisatawan, Anda Kategori Mana?

6 Tipe Wisatawan, Anda Kategori Mana?

Kaganga.com - Travelling sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat urban. Sejumlah masyarakat pun rela merogoh kocek besar untuk mengunjungi berbagai tempat wisata, baik dalam dan luar negeri. Namun, dari sekian banyak gaya dan tren wisata, Anda termasuk tipe wisatawan seperti apa?

Berikut beberapa tipe wisatawan yang diterima Sindonews dari Tourism New Zealand.

1. Wisatawan solo
Wisatawan tipe ini memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat saat mereka di luar negeri dengan kebudayaan dan bahasa yang berbeda. Solo traveller harus mempunyai kemampuan yang cepat dalam beradaptasi dengan bantuan yang minim.
Mereka harus bisa berkomunikasi dan mempunyai keberanian untuk keluar dari dalam zona nyaman dan mencari teman baru agar dapat mempelajari dan beradaptasi dengan para penduduk lokal.

2. Wisatawan berkelompok atau keluarga
Salah satu cara terbaik untuk melakukan perjalanan adalah bersama dengan teman atau keluarga. Tipe wisatawan seperti ini umumnya akan tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat yang terkenal. Mereka juga bersedia untuk berbagi untuk mengurangi pengeluaran saat perjalanan.

3. Wisatawan kuliner
Para pemburu makanan atau yang biasa disebut foodies gemar untuk mengunjungi tempat dengan berbagai macam pilihan makanan. Mereka akan mencari makanan khas lokal atau makanan yang unik dan tidak bisa di dapatkan di tempat lain.
Wisatawan tipe ini biasanya tidak akan terpengaruh dengan pemandangan tempat tujuan mereka asalkan mereka dapat menikmati makanan yang mereka ingin cicipi.
Selain itu, mereka akan mencari restoran yang menghidangkan makanan lokal dengan rasa terbaik dan tentunya akan mengunggah foto makanan tersebut ke media sosial mereka.

4. Wisatawan budaya
Untuk Anda yang gemar untuk berwisata dan mencoba hal baru dengan penduduk lokal, wisatawan tipe ini dikenal dengan penjelajah budaya, di mana mereka akan mencari lebih dalam pengetahuan dengan mengujungi langsung tempat yang mereka minati.
Untuk menuntaskan rasa ingin tahu, mereka biasanya ikut serta dalam beberapa festival lokal atau acara kebudayaan. Selain itu mereka juga mengunjungi tempat-tempat kuno, mengunjungi museum dan menginap di hotel untuk bertemu dengan para penjelajah budaya lainnya.

5. Wisatawan mewah
Tipe wisatawan ini tidak peduli dengan pengeluaran dan budget yang mereka keluarkan untuk pergi ke tempat wisata. Tentunya mereka akan mengutamakan kenyamanan yang extra selama perjalanannya. Mereka akan berpergian menggunakan jet pribadi, menyewa sebuah mobil mewah, makan di restoran yang sudah di akui, pergi ke klub yang terkenal, berbelanja di mall, menikmati spa dan perjalanan mewah lainnya yang belum tentu setiap orang dapat menikmati perjalanan seperti ini.

6. Wisatawan adrenaline
Adrenaline masuk tipe wisatawan yang mandiri dan mudah untuk beradaptasi dengan sekitarnya. Mereka menyukai aktivitas di luar ruangan, di mana mereka akan merasa tertantang dan menghadapi ketakutan dengan mencoba hal-hal baru seperti mendatangi tempat dengan atraksi yang berbeda, mulai bungee jumping, skydiving, paragliding dan atraksi ekstrim lainnya yang dapat di temui ketika liburan.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Wisatawan

Komentar