2 Jan 2020 15:00

Angkat Film Islam, Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Bakal Rilis Mini Bioskop 

Angkat Film Islam, Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Bakal Rilis Mini Bioskop 

Kaganga.com, Palembang - Ada banyak tempat dikota Palembang untuk mengisi kekosongan liburan di tahun baru, salah satunya tempat wisata religi di Bayt Al Quran Al Akbar Gandus Palembang. 

Dihari libur tahun baru seperti ini, Bayt Al Quran Al Akbar Gandus dipadati wisatawan lokal hingga mancanegara. Bahkan per 1 Januari 2020, kunjungan ke museum Al Quran raksasa ini mencapai 5000 orang per hari. 

"Mulai dari setelah natal sampai puncak tanggal merah, wisatawan terus berdatangan. 1 Januari ini hingga pukul 2 siang sudah 5000 lebih yang silih berganti. Kemungkinan sampai tutup pukul 6 sore kami prediksi tembus 8000 an. Sempat tahun lalu dalam satu hari 20.000 wisatawan," kata Zulkarnain Manager Bayt Al quran Al Akbar. 

Berukuran raksasa, Bayt Al Quran Al Akbar memiliki panjang 177 cm dan lebar 140 cm dengan ketebalan 2,5 cm. Terbuat dari kayu tembesu, ukiran ayat Al Quran ditulis keseluruhan 30 juz.  

Dengan keunikan yang ada, wisata religi ini pun menjadi daya tarik terhadap wisatawan mancanegara asal negara-negara Islam. 

"Kebanyakan dari luar negeri dari negara Islam seperti dari Timur Tengah, Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura. Kalau Eropa ada tapi satu berbanding. Kebanyakan berkunjung saat bulan ramadan dan lebaran," terangnya. 

Berlokasi di Jalan Moh Amin Fauzi, Kecamatan Gandus, Bayt Al Quran Al Akbar ini merupakan museum Al Quran raksasa dalam satu wilayah bangunan Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah, yang diresmikan oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012. 

Suasana terasa sangat Islami dengan pajangan-pajangan ukiran ayat Al Quran berwarna dasar coklat serta warna kuning pada bagian huruf Arab timbul dan disetiap pinggirannya sisi ukiran memiliki motif kembang-kembang. 

"Wisata religi ini bisa dinikmati pengunjung tanpa batas waktu, biasanya untuk selfie dan foto bersama keluarga. Kadang ada juga tour rombongan ke sini, Bayt Al Quran Al Akbar juga mengadakan kegiatan di waktu-waktu tertentu. Kami buka setiap hari pukul 9.00-17.00 WIB, dengam tiket masuk per orang Rp 20 ribu dewasa dan Rp 15 ribu  anak-anak," jelasnya  

Selain menjadi tempat berfoto, sambung Zulkarnain, Bayt Al Quran Al Akbar sekarang sedang dalam tahap pembenahan untuk menambah area baru, yakni penambahan mini bioskop yang berkapasitan 100 orang. 

"Masih berjalan, sudah 60 persen. Nanti sejarah Islam dan film-film Islam bisa ditonton di sini tanpa biaya tambahan lagi. Karena sudah include dengan tiket masuk. Mini bioskop ini dibuat bertujuan agar wisatawan yang berkunjung, bisa mengetahui bagaimana cerita-cerita Islam dalam sejarahnya," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Al Quran Akbar

Komentar