18 Okt 2019 18:00

Herman Deru Ajak Kepala Daerah Lestarikan Budaya Melayu

Herman Deru Ajak Kepala Daerah Lestarikan Budaya Melayu

Kaganga.com, Lubuk Linggau - Ketua Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia ini Herman Deru mengajak seluruh kepala Daerah di Sumsel untuk melestarikan Budaya Melayu di Provinsi Sumsel. Seperti yang dilakukan Kota Lubuk Linggau ketika mengadakan Hari Jadi nya yang ke 18 tahun kemarin mengadakan Festival Gendang Melayu Nusantara yang dikemas dalam pesta rakyat dan kembang api yang digelar di stadion Taman Olahraga Silampari Kota Lubuk Linggau.

"Saya apresiasi upaya Pemerintah Kota Lubuk Linggau atas kepeduliannya dalam mempertahankan kearifan lokal. Karena ini aslian warisan leluhur yang tidak boleh sirna di tengah kemajuan teknlogi sekarang," kata Herman Deru, Jumat (18/10).

Dirinya juga mengharapkan atraksi budaya yang ada seperti Festival Gendang Melayu Nusantara dapat dijadikan sebagai agenda rutin tahunan dan menjadi rujukan bagi 17 Kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumsel.

"Saya harapkan kegiatan budaya seperti ini dapat diadikan agenda rutin tahunan. Saya sebagai Ketua Sekretariat DMDI Indonesia berkomitmen akan menghidupkan kembali semua jenis budaya, adat dan kesenian melayu yang telah menjadi identitas kita yang sangat menghargai warisan para leluhur kita," tegas Herman Deru.

Sementara itu Presiden DMDI Malaka Tan Sri Mohd Ali Bin Mohd Rustam yang sengaja hadir jauh dari Malaka Malaysia, untuk memenuhi undangan guna menyaksikan gelaran budaya Melayu di Sumsel. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Walikota Lubuk Linggau yang telah menunjukan komitmennya dalam mempertahankan dan melestarikan adat dan kesenian budaya melayu melalui sejumlah agenda pagelaran budaya seperti halnya yang dia saksikan sendiri pada Festival Gendang Melayu Nusantara di Kota Lubuk Linggau.

"Saya sengaja datang jauh dari Negeri Malaka, ingin melihat langsung pagelaran budaya Melayu yang ada di Kota Lubuk Linggau. Ini luar bisa dan saya ucapakan selamat hari jadi Kota Lubuk Linggau ke 18. Dan selamat kepada Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang baru saja dikukuhkan menjadi Ketua Sekretariat DMDI Indonesia,” tegas Tan Sri Mohd Ali Bin Mohd Rustam.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Budaya Budaya Melayu

Komentar