3 Mar 2020 19:55

Jadi Magnet Wisata Di Kota Palembang, Dinas Pariwisata Bakal Adakan Lomba Bidar Mini

Jadi Magnet Wisata Di Kota Palembang, Dinas Pariwisata Bakal Adakan Lomba Bidar Mini


Kaganga.com,Palembang - Dinas Pariwisata Kota Palembang akan menggelar lomba bidar mini untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-3 Pedestrian.

Rencananya, lomba itu dilaksanakan pada 15 Maret, dan diikuti 70 peserta.

“Alhamdulillah, tahun ini animo masyarakat cukup tinggi. Biasanya hanya diikuti kategori dewasa, laki-laki dan perempuan. Tahun ini ada kategori anak-anak, setingkat SMP," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, Selasa (03/03/2020).

Menurutnya, tradisi lomba bidar mini sebelumnya hanya lomba antarkampung pada momen tertentu. Satu bidar mini berukuran lima meter didayung oleh lima orang. Mayoritas pendayung berasal dari Sungai Keramasan, Kecamatan Kertapati. Lomba biasanya digelar di Sungai Keramasan. Para pendayung dari Keramasan ini sempat mengharumkan nama Palembang di tingkat nasional hingga mancanegara di lomba dayung pada 1980.

“Setelah 2016, kita patenkan untuk masuk dalam kalender wisata tahunan. Respon masyarakat setempat senang, karena memang bidar mini ini merupakan tradisi hiburan kalau ada hajatan di daerah tersebut,” ungkapnya.

Sekarang peserta lomba bidar mini tidak hanya warga Keramasan saja. Tapi, melibatkan warga kecamatan lainnya. Sehingga, lomba bidar mini disambut antusias masyarakat Palembang.

“Setiap event ini digelar, Wali Kota Palembang H Harnojoyo membuka dan menyaksikannya. Warga juga antusias menyaksikan dan mendukung jagoan mereka,” terangnya.

Isnaini berharap, bidar mini ini, juga dapat menjadi magnet wisata di Kota Palembang, selain event tahunan bidar prestasi yang didayung 24 pendayung dan bidar tradisional yang didayung 58 pendayung ahli yang dihelat saat perayaan HUT RI.

“Pendayung bidar mini ini sebagai filter untuk pendayung bidar prestasi dan bidar tradisional. Tidak menutup kemungkinan pendayung tingkat nasioanal, lomba bidar mini ini juga mengajarkan kesolidan, kekompakan dan kerja sama tim," pungkasnya

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : lomba bidar

Komentar