12 Feb 2021 13:00

Kampoeng Kuliner Bingen 13 Ulu jadi Destinasi Wisata Baru Wong Kito

Kampoeng Kuliner Bingen 13 Ulu jadi Destinasi Wisata Baru Wong Kito

Kaganga.com, Palembang - Kecamatan Seberang Ulu Dua, Palembang, menciptakan Kampoeng Kuliner Bingen (dulu) Dapoer Cinta Musi IV untuk melestarikan makanan khas Palembang. 

Di tempat ini, ada banyak jenis makanan. Antara lain, kue Lumpang, Pare, Klepon, Putumayang, Gunjing, Jando Berais, Lapis, Gandus, Kumbu Kacang, Gulo Palu, Putri Mandi, Glenak, Nagosari, Putu Embun, Mentu, Bluder, Pepes Ketan, Talang Ubi, Lumpur, Ongol-Ongol, Wajik, Srikayo dan Dadar Jiwo,

Kampoeng yang berlokasi di Lorong Waspada, Kelurahan 13 Ulu, ini menarik perhatian berbagai kalangan. 

Salah satunya Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan (TP PKK Sumsel). TP PKK Sumsel dipimpin langsung ketuanya Hj. Febrita Lustia Herman Deru, berkunjung ke Kampoeng Kuliner Bingen. 

Camat Seberang Ulu Dua, Rachman Hidayat Pane, mengatakan, ibu gubernur dan ibu wakil gubernur Sumsel hari ini meninjau langsung Kampoeng Bingen untuk melihat aktivitas para pelaku usaha ekonomi kreatif. 

"Ada 8 orang pelaku usaha industri rumah tangga yang bergerak di sektor kuliner pembuatan makanan khas Palembang. Semoga dengan adanya kunjungan dari ibu gubernur dan wakil gubernur Sumsel, ini bisa membantu dan mempromosikan mereka yang ada di Kampoeng Kuliner Bingen," kata Pane. 

Dengan adanya Kampoeng Bingen ini diharapkan mampu menghidupkan kembali makanan khas Palembang yang sekarang mulai susah ditemui. 

"Selain menyediakan makanan khas Palembang, Kampoeng Bingen juga bisa jadi destinasi wisata karena pemandangannya yang bagus dan akses yang mudah," harapnya.

Ia menyebutkan, Kampoeng ini mulai dibangun setahun lalu dan langsung viral hingga sekarang. Banyak warga yang berkunjung ke tempat ini, be rekreasi sembari menikmati makanan khas Palembang. 

"Kami selalu mempromosikan tempat ini, dan kami berharap semua dinas terkait dan stake holder yang ada bisa membantu dan memfasilitasi semua pelaku usaha yang ada di Kampoeng Bingen, sehingga ada kesempatan untuk mereka lebih maju, sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar,"pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Kampoeng Bingen

Komentar