16 Jun 2019 19:30

Kearifan Kain Songket Palembang

Kearifan Kain Songket Palembang

Kaganga.com, Palembang - Kalau sudah mendengar Palembang, pasti semua orang sudah mengenal baik budaya dan makanan tradisional nya, salah satunya yakni Songket Palembang, Songket asal palembang ini memang menarik perhatian publik baik masyarakat lokal maupun luar. Selain glamor dengan motif emas dan mewahnya benang tenun yang terbentuk. Kain Songket rupanya memiliki bermacam jenis. Serta cerita asal usul songket Palembang yang mungkin belum banyak diketahui.

Menurut cerita, songket adalah kain khusus yang dulunya dipakai oleh kaum bangsawan di Palembang dari keluarga Kerajaan Sriwijaya. Seiring waktu, songket sekarang menjadi kain khas kota Palembang.

Salah satu pedagang songket di Palembang menceritakan sejarah singkat perkembangan songket yang kian hari makin glamor dan mewah.

Hadi salah satu owner toko songket 'Hadi Songket' yang berada Komplek Ilir Barat Permai, Palembang atau lebih sering dikenal dengan daerah "Pasar Kito", mengatakan jika kini kain songket sering dipakai untuk busana pengantin.

"Kain songket Palembang peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Songket berasal dari kata tusuk dan cukit yang disingkat menjadi suk-kit. Dengan perkembangannnya, suk-kit jadi sungkit dan berubah pengucapannya menjadi songket" ceritanya

Dulu songket bangsawan punya corak motif masing-masing untuk membedakan lama-lama songket berubah jadi pakaian yang wajib dikenakan pada saat upacara adat atau acara resmi, bahkan sekarang penganting yang mengikuti adat Palembang mengenakan songket sebagai pakaiannya.

Sebagai seorang pedagang songket. Tentu Hadi paham apa saja bermacam jenis songket Palembang. Mulai dari harga dengan bahan standar. Sampai songket yang dijual sampai ratusan juta rupiah.

" Berdagang songket dan berkecimpung di usaha songket sudah dari tahun 2005, songket disini (Hadi Songket) berasal dari penenun aseli Palembang, serta produksi sendiri tanpa campur tangan orang lain" bebernya.

Lebih lanjut Hadi mengakui pengerjaan songket butuh keahlian nilai seni tinggi. "Macam jenis songket yakni bermotif lepus naga besarung, kenanga makan ulet. Nampan perak, cantik manis, bungo cino, tiga negeri dan banyak lagi." pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Songket Palembang

Komentar