10 Jul 2019 17:55

Kemenpar Kembangkan Program 10 Bali Baru  

Kemenpar Kembangkan Program 10 Bali Baru  

Kaganga.com, Palembang - Meski menjadi sala satu kota besar Indonesia, rupanya Palembang tidak masuk dalam program Kementrian Pariwisata Indonesia, yakni program 10 Bali baru. Karena syarat utamanya musti memiliki wisata alam, pantai.  Kepala Bidang Promosi Luar Negeri, Dinas Pariwisata Sumatera Selatan, Prima Sovia mengatakan, Palembang tanpa pantai masih bisa dikenal mancanegara lewat berbagai even nasional dan internasional. 

Sovia sapaanya mengatakan bahwa pihaknya bersama Kementrian Pariwisata Indonesia tengah mengembangkan program 10 Bali baru. "Ya, memang bersama Kemenpar sedang menargetkan 10 Bali Baru, untuk meningkatkan wisatawan. Tapi syaratnya apa untuk masuk dalam kategori, yakni memiliki Pantai," katanya 

"Palembang belum termasuk (10 Bali baru) juga harus siap. Program 10 Bali Baru upaya wisata pantai bukan hanya terkenal di Bali untuk jadi daya tariku utama semua pantai Indonesia indah. Palembang tidak ada (Pantai). Tapi Palembang jangan khawatir, Palembang harus bangga dengan kultur," tambahnya.  Palembang tanpa pantai masih menjual di luar negeri, sambung Prima, apalagi Palembang sudah menghandle even internasional, terakhir Asian Games 2018 dan MXGP Indonesia 2019.   "Even internasional memang sangat berdampak di luar. Nanti November ada lagi Bowling. Momennya saat ada even kita selipkan informasi City Tour untuk efek yang bagus," terangnya. 

"Kita tidak bisa mengelabui, kita tudak punya pantai. Tapi cara mengenalkan, melalui kerjasama melibatkan kota di Sumatera. Gini misal kerjasama dengan Bangka Belitung, kalau ada yang nanya, Palembang ada pantai tidak, saya pasti jawab ada 20 menit dari Palembang (Bangka Belitung) ," ungkap Prima.  

Ditambahkan Prima, pihaknya tengah melaksanakan program yang melibatkan seluruh Kota di Sumatera.  "Jadi ada program seluruh kota di Sumatera, mulai dari Medan sampai Lampung. Memanfaatkan semua destinasi kerjasama mengadakan even.

Contohnya ada di Banyuwangi itu Kabupaten padahal, dan kalau dinilai secara universal, daya tarik belum terlalu bagus," ujarnya.  "Karena selain wisata alam, seringnya menggelar even adalah daya tarik wisatawan hadir. Kita punya JSC (Jakabaring Sport City) yang harus dijunjung," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Kemenpar Disbudpar

Komentar