14 Apr 2022 15:55

Komitmen Majukan Ekonomi Syariah Pemprov Sumsel Raih Dua Penghargaan Pada Ajang Anugerah Adinata Sy

Komitmen  Majukan Ekonomi Syariah Pemprov Sumsel Raih Dua Penghargaan Pada Ajang Anugerah Adinata Sy

Kaganga.com,JAKARTA-   Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dibawah Kepemimpinan Gubernur H Herman Deru kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Terbaru penghargaan yang diterima dua penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah Adinata Syariah 2022 yang diselenggarakan  Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Adapun  kedua Anugerah Adinata Syariah 2022 yang diterima Pemprov Sumsel tersebut masing-masing kategori Pendidikan Ekonomi Syariah dan Kategori Pemberdayaan Ekonomi Pesantren  yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada  Sekda Sumsel H SA Supriono didampingi Karo Ekonomi Pemprov Sumsel Afrian Joni dan Dirut Bank SumselBabel Achmad Syamsudin bertempat di Ballroom Kenpinski Grand Ballroom Jakarta, Kamis (14/4).

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru  menegaskan pihaknya bersama dengan sejumlah lembaga perbankkan akan terus berupaya  memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan manfaat ekonomi kerakyatan secara syariah.

“Masyarakat kita tentu membutuhkan pencerahan atau edukasi, bagaimana konsef yang dijalankan.  utamanya dalam rangka membangun kerakyaan secara syar’i,”  tegas Gubernur  ketika dimintai tanngapannya terkait penghargaan yang diterima tersebut.

Dia menyebut, pemerintah Sumsel telah memiliki berbagai program dalam memajukan ekonomi secara syariah diantaranya  seperti Bank Wakaf Mikro, Program Rumah Tahfidz dan memiliki ribuan pondok pesantren yang tersebar di 17 kabupaten/kota. 

"Ini juga menjadi bagian tanggung jawab untuk diberikan pemahaman terkait ekonomi syariah,” tandasnya.

Sedangkan  Sekda Sumsel SA Supriono menyebut penghargaan Adinata Syariah yang diterima Pemprov Sumsel  tahun 2022 merupakan penghargaan pertama kalinya. Bahkan Sumsel  termasuk pendatang baru yang dinilai KNEKS berhasil  dalam pengelolaan ekonomi syariah dibawah kepemimpinan Gubernur Herman Deru dan Wagub H Mawardi Yahya.

"Kita bersyukur atas diterimanya penghargaan  Adinata Syariah. Ini membuktikan pada daerah lain  bahwa menerapkan ekonomi syariah di Sumatera Selatan sendiri  sudah berjalan dengan baik dibawa nakhoda Gubernur Herman Deru," tegasnya.

Sekda menambahkan anugerah ini diberikan terpilihnya Sumsel sebagai salahsatu daerah penerima anugerah Adinata Syariah 2022  merupakan kontribusi besar Sumsel dalampercepatan pertumbuhan ekonomi syariah dan infustri halal di tanah air.

Dilain pihak Chairman Infobank, Eko B Supriyanto selaku pihak mitra penyelenggara menyebut ada 7 kategori anugerah yang diberikan kepada 21 pemerintah Provinsi se Indonesia. Meliputi kategori keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah. Keungan mikro syariah, pendidikan ekonomi syariah. Pemberdayaan ekonomi pesantren serta kategori sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan.

 

"Pemberian anugerah ini penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal di Indonesia," terangnya.

Sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virual  menyampaikan Indonesia memiliki kekuatan dan peluang untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka dunia. 

"Menilik prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi global yang perlu diantisipasi, secara khusus saya ingin menggarisbawahi beberapa kekuatan dan peluang mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka dunia," kata Wapres.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar