14 Feb 2016 19:05

Mahasiswa Jadikan Kampung Wisata Al Munawar Sebagai Referensi Edukasi Budaya Sumsel

Mahasiswa Jadikan Kampung Wisata Al Munawar Sebagai Referensi Edukasi Budaya Sumsel
Kampung Arab Al Munawar 13 Ulu Palembang

Kaganga.com, Palembang - Mahasiswa harapkan pemeliharaan Rumah bersejarah maupun budaya di Kampung Arab Al Munawar di Jalan KH Azhari Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang lebih dioptimalkan. Seperti disampaikan Erick Ganesha, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), yang juga merupakan ketua Posko 209 Kuliah Kerja Nyata UMP.

Ia yang Poskonya ditempatkan di rumah adat Kampung itu, selama tiga minggu ini dapat belajar banyak dan menambah pengetahuan sejarah dan budaya asli Palembang di Kampung Arab Al Munawar.

"Berada di tempat yang sangat bersejarah ini, saya dan rekan rekan mahasiswa yang lainnya sangat bersyukur sekali, karna dapat belajar lebih banyak tentang sejarah maupun budaya di Sumatera selatan," ungkapnya.

Saat masuk pertama kali di kawasan ini, pemandangan bangunan bersejarah yang berusia ratusan tahun sudah menyapa pengunjung. Budaya kental Islam Arab di Kampung ini terpancar jelas. Namun terliha dari bangunan tempat tinggalnya, tetap kental dengan budaya adat Palembang.

Rumah yang dihuni berbentuk rumah panggung dan rumah limas khas Palembang. Bahkan, ditaksir rumah berbahan kayu ini sudah berusia lebih dari 200 tahun. Oleh karna itu, sangatlah penting apabila budaya yang dapat dikatakan budaya nasional dan juga sejarah nasional ini dapat terawat dan terjaga lebih baik serta mendapatkan perhatian lebih dari pihak Pemerintah.

" Kampung ini kampung yang sangat istimewa, ternyata di Sumsel ada kampung yang sejarahnya tak kalah hebat dengan sejarah lainnya di Indonesia dan memiliki budaya yang kental dengan islami," katanya ketika dibincangi, Minggu (14/02/2016).

Harapnya, Pemerintah harus lebih mengoptimalkan dalam pemeliaharan dan menjaga kelestarian sejarah maupun bangunan seperti ini.

 

Saat ini memang , dalam pemeliharaan sejarah dan budaya yang ada di kota Palembang memang dilakukan pihak pemerintah. Saat ini juga Kampung Arab Al Munawar sudah diproyeksi menjadi salah satu destinasi wisata heritage oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Kampung Arab Al Munawar

Komentar