2 Mar 2017 16:43 | 84

Mahasiswa Poltekpar Palembang Harus Disertifikasi

Mahasiswa Poltekpar Palembang Harus Disertifikasi

Kaganga.com, Palembang - Semakin berkembangnya pariwisata di Sumsel, tentunya membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Karena itu, Wakil Ketua Komisi X DPRRI Ferdiansyah meminta agar mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang disertifikasi.

"Dengan ada sertifikasi ini, maka pada saat lulus mahasiswa dijamin langsung mendapatkan kerja karena memang sudah tepercaya dengan diberikannya sertifikasi tersebut," kata Ferdiansyah saat menghadiri kuliah umum pengembangan SDM di Griya Agung, Rabu (1/3).

Menurutnya, dengan sertifikasi itu juga menjadi jaminan mahasiswa untuk kuliah di Poltekpar tersebut mengingat wisata di Sumsel mempunyai potensi. Selain itu, diharapkan dapat lebih  memajukan Sumsel.

"Oleh karena itu, kami minta pak Komang selaku Direktur Umum (Dirut) Poltekpar Palembang, agar mampu sejajar dengan Poltekpar di daerah lainnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," jelasnya.

Dirinya mengakui bahwa di Sumsel sendiri nantinya akan ada even internasional seperti Asian Games. Tentunya even tersebut jangan hanya dijadikan ajang olahraga saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai promosi wisata untuk daerah itu sendiri.

"Sumsel dahulunya paling dikenal batubaranya serta minyak. Namun, seiring beralihnya pariwisata lah yang tidak lekang. Artinya batubara dan lainnya itu dapat habis yang tidak habis itu ialah bidang paiwisata," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan dan Kelembagaan Kemenpar RI, Armansyah mengakui saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan SDM melalui pendidikan formal maupun non formal.

Untuk pendidikan formal sendiri itu seperti STP Bandung, STP Nusa Dua Bali, STP Makasar, STP Medan, STP Palembang, STP Lombok. "Jumlahnya itu sekitar 10 ribu mahasiswa, untuk di Palembang sendiri itu sekitar 200 mahasiswa," katanya.

Sedangkan untuk pendidikan non formal, lanjut Armansyah, seperti pengelolaan homestay dan beberapa lainnya. Menurutnya, Poltekpar Palembang ini akan mampu sejajar dengan Poltekpar di Bandung dan di Bali.

"Tenaga ahli untuk Poltekpar Palembang sendiri itu masih didatangkan dari Bandung, karena itu kemungkinan tanpa harus menunggu lama dapat sejajar dengan Poltekpar Bandung," ujarnya.

Di tahun ini, lanjut Armansyah, pendaftaran untuk mahasiswa baru Poltekpar akan kembali dibuka. Total penerimaan sekitar 6000 mahasiswa, sedangkan untuk Sumsel sendiri sekitar 208 mahasiswa. Dirinya juga meminta setiap daerah untuk ikut dalam seleksi tersebut.

"Setiap daerah harusnya memfasilitasi beberapa orang untuk mengikuti seleksi penerimaan Poltekpar ini, sehingga kedepan daerah tersebut akan dilengkapi SDM yang memadai," pungkasnya.

Penulis : Chandra Baturajo

Tag : Poltekpar Palembang

Komentar