9 Nov 2017 20:25 | 51

Masih Banyak Nama Pahlawan Sumsel Yang Belum Diakui

Masih Banyak Nama Pahlawan Sumsel Yang Belum Diakui

Kaganga.com, Palembang - Sejumlah sejahrahwan Sumatera Selatan (Sumsel) sangat mengharapkan peran pemerintah baik provinsi maupun pemerintah daerah dalam menginventarisir pahlawan pahlawan daerah mengingat perlu di lakukan mulai dari pahalwan daerah hingga nanti Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Sumsel dapat kembali mengajukan pahlawan nasional.

Inventarisir sejak sekarang di akui, salah seorang Sejahrawan Sumsel Kemas Ari Panji penting di lakukan mengingat sudah 3 kali pahlawan daerah Sumsel Residen Abdul Rozak di usulkan menjadi pahlawan nasional namun hingga saat ini belum terealisasi.

“Tidak hanya menginvestarisir pemerintah juga di harapkan maksimal dalam memperingati hari pahalwan setiap tanggal 10 November karena sangat jarang masyarakat yang memahami sejarah kota Palembang apalagi pahlawan-pahlawan dari Sumsel,” katanya, Kamis (9/11).

Sekretaris Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Provinsi Sumsel ini mengakui, apalagi kini di Sumsel baru dua orang yang menjadi pahlwanan nasional yaitu Sultan Mahmud Badaruddin 2 dan Dr Ak Gani, padahal di Sumsel banyak sekali pahlawan-pahlawan yang layak diangkat dan menjadi pahlawanan nasional.
Sedangkan soal sejarah Sumsel terutama kota Palembang di jelaskan Kemas Ari Panji, dari era Kesultanan Palembang, masa pendudukan kolonial Belanda dan hingga masa revolusi Indonesia, banyak sekali peran pahlawan pada saat itu.
“Di hari Peringatan hari pahlawan 10 November ini saya mengajak smeua masyarakat ikut memperingati hari Pahlawan dengan mengheningkan cipta pada pukul 8 lewat 15 menit paling tidak memberikan doa sebagai sujud sykur atas perjuangan para pahlawan untuk generasi sekarang,” katanya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pahlawan

Komentar