14 Ags 2018 10:00

Minta Pemkab Kembangkan Destinasi Wisata Air Terjun

Minta Pemkab Kembangkan Destinasi Wisata Air Terjun

Kaganga.com, Muara Enim – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Muara Enim, Hadiono menyarakan kepada Pemkab Muara Enim, agar mengembangkan potensi destinasi wisata air terjun Lamutu di Desa Embawang, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim.

“Air terjun Lamutu dapat dikelola dengan baik dan kita (Dewan, red) minta 2019 dianggarankan untuk pembangunan. Sebab potensi wisata air terjun Lamutu dapat meningkatkan PAD dan juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Hadiono, juru bicara Komisi III DPRD Muara Enim pada rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD, Aries HB SE, kemarin (13/8). 

            Politikus Partai Golkar ini juga berpendapat jika penataan objek wisata air terjun Lamutu dikelola dengan baik, dirinya menyakini kunjungan wisata ke wilayah Tanjung Agung tinggi. Selain, air terjun Bedegung, pengujung bisa ke air terjun Napal Carik dan air terjun Lamutu. “Ini potensi untuk meningkatkan pendapatan daera.  Pemkab Muara Enim untuk tidak lupa bekerjasama dengan pihak lain,” imbuhnya.

            Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Rusdi Hairullah menanggapi saran kalangan anggota dewan, menjelaskan saat ini potensi air terjun Lamutu sangat bagus. Namun, kata dia, saat ini masih dilakukan tapak kawasan. Karena belum ada kejelasan tapak kawasan distinasi wisata air terjun Lemutu.

            “Akan kita tata dan diperhatikan tetapi harus dilakukan invetigasi wilayah tapak kawasan. Contoh akses untuk menuju ke lokasi air tejun Lamutu tersebut bersinggungan dengan lahan masyarakat atau tidak dan masuk kawasan hutan atau tidak. Jika masuk kawasan hutan harus ada izinnya,” ujar Rusdi disela-sela rapat paripurna.

            Dijelaskannya, saat ini Dispora berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) sudah melakukan pengembangan akses jalan menuju ke objek wisata air terjun Napal Carik.  “Akses jalan menuju air terjun napal carik sudah dibuka, kendaraan baik roda dua maupun roda empat sudah sampai ke bibir air terjun. Kedepan kita akan mempercantik kawasan wisata air terjun dengan  mengandeng pihak ke tiga untuk membangun gapura dan papan nama air terjun,” jelasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara enim Wisata Budaya Air Terjun

Komentar