27 Sep 2018 19:55

Pasca Asian games, Sumsel Masih Jadi Idola Wisatawan

Pasca Asian games, Sumsel Masih Jadi Idola Wisatawan

Kaganga.com, Palembang - Dampak Perhelatan Asian Games 2018 masih tetap dirasakan Kota Palembang, Sumatera Selatan yang juga menjadi tuan rumah, pasca satu bulan resmi usai diselenggarakan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pihaknya mencatat, pasca penyelenggaraan Asian Games, wisatawan yang datang ke Palembang masih High Season. Hal ini terbukti dengan penjualan tiket pesawat yang tinggi.

“Setelah Asian Games hampir satu bulan ini saya lihat dari pengembangannya masih High Season. Seharusnya bulan September ini sudah Low Season tetapi kenyatannya masih High Season itu bisa dilihat dari penjualan tiket pesawat yang tinggi,” kata Irene, Kamis (27/9).

Irene menjelaskan, saat ini penerbangan dari Palembang ke 16 Provinsi yang ada di Indonesia ada 7.448 bangku per hari full. “Sekarang ini seperti ini saja kita hitung dalam perhari 7448 seat itu kita kalikan selama dua minggu saja itu bisa 80-90 persen full peningkatannya datang ke Palembang,” jelasnya.

Sedangkan, untuk penerbangan ke luar negeri ada 540 bangku kapasitas per hari juga dihitung dua minggu dengan Okupansi seat-nya saja itu juga sudah full memenuhi 80-90 persen kenaikannya.

“Seperti rute penerbangan Palembang – Singapura dan Palembang – Malaysia per hari itu 540 Sheet itu dihitung dari kapasitas sudah mencapai 80-90 persen yang terisi. Jadi, wisatawan yang datang ke Palembang, Sumsel usai Asian Games itu masih High Season,” katanya.

Selain event Asian Games, lanjut Irene, 10 prioritas destinasi wisata di Palembang seperti Benteng Kuto Besak, Museum Balaputra Dewa, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Museum Sultan Mahmud Badarudin II, Kampung Kapitan, Bukit Siguntang, Pulau Kemaro, Kampung Al-Munawar, Museum Al-Quran Al-Akbar, dan Jembatan Ampera menjadi daya tarik wisatawan.

10 destinasi prioritas wisata yang kita kenalkan itu juga menjadi magnet daya tarik wisatawan yang tinggi untuk berkunjung ke Palembang selain ada event Asian Games ini,” pungkasnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pariwisata Pasca Asian Games

Komentar