25 Apr 2018 21:35 | 83

Pemkot Lakukan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan

Pemkot Lakukan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan

Kaganga.com,Palembang - Suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Masyarakat, khususnya yang bergiat di bidang pariwisata, juga berperan.

Hal itu dikemukakan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, dalam paparannya di hadapan puluhan mahasiswa pada Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia Kepariwisataan (Pariwisata Goes to Campus), di Politeknik Pariwisata Palembang,

"Kalau hanya pemerintah saja, maka tidak akan sanggup. Kita juga butuh dukungan masyarakat untuk menyukseskannya. Dan yang saya lihat, masyarakat Sumsel, terutama Kota Palembang, sangat antusias dalam menyukses perhelatan tersebut,"kata Najib.

Apalagi bagi Palembang. Ini adalah kali pertama kota ini menjadi tuan rumah Asian Games, yang akan dihelat pada Agustus hingga September 2018. Tentu butuh dukungan semua pihak agar even olahraga akbar antarnegar Asia ini sukses di segala lini. Baik sukses penyelenggaraan maupun prestasi.

Menurut Najib, dengan adanya dukungan dari SDM (mahasiswa) yang sudah dididik oleh Poltekpar sesuai bidangnya masing-masing, tentunya dapat menambah poin dalam menyukseskan Asian Games.

"Pelatihan ini sangat baik untuk menyiapkan volenteer Asian Games. Bahkan ke depannya, ada peluang bagi mahasiswa, khususnya di bidang sport tourism," pungkasnya.

Istilah sport tourism atau pariwisata olahraga mengacu pada kesiapan fasilitas olahraga dan tempat pariwisata di Palembang.

Di kota tertua di Indonesia ini, sejumlah venue berstandar internasional terdapat di Jakabaring Sport City. Adapun destinasi wisata, Palembang terus berbenah dan menambah destinasi wisata baru.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Pariwisata Palembang, Zulkifli Harahap, mengatakan, sebanyak 536 mahasiswanya siap membantu menyukseskan Asian Games 2018.

"Ini juga salah satu ajang kita untuk unjuk gigi. Dengan adanya even ini maka integritas dan kompetensi mahasiswa kami dapat terlihat dan terbukti," jelasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pjs Walikota Palemba Pariwisata

Komentar