6 Nov 2019 20:10

Pemkot Palembang Beri Penghargaan Seniman Kota

Pemkot Palembang Beri Penghargaan Seniman Kota

Kaganga.com, Palembang - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kebudayaan Kota Palembang memberikan penghargaan kepada 5 seniman berprestasi yang ada di kota palembang, Rabu (6/11/2019) yang digelar di Grand Convention Center Palembang.  

Penghargaan tersebut diserahkan Iangsung oleh Walikota Palembang melalui staf bidang pemerintahan Herly.K. Yang didampingi Kepala Dinas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Hj Zanariah S.I.P .Msi. 

"Ini merupakan tradisi dan agenda tahunan yang mana para pelaku seniman yang telah banyak memberikan hasil karya-karya terkhusus untuk kota Palembang mendapatkan penghargaan, ini rutin tiap tahun,"ungkap Zanariah  Zuriah menambahkan, kelima seniman yang di beri penghargaan ini sudah memiliki penilaian sendiri sehingga mereka layak mendapatkan penghargaan.  Sedangkan kepanitiaan dan jurinya, sudah dipilih oleh pelaku seni sendiri dan sudah di nilai layak sebagai sebagai juri. 

"Untuk penilaian kami serahkan semuanya kepada pelaku seni di kota Palembang, baik juri ataupun siapa yang layak mendapatkan penghargaan itu sendiri. Sedangkan Kami hanya memfalitasi adanya kegiatan ini. Harapan kedepan kegiatan ini memotivasi pelaku seni karena mereka sangat dihargai oleh pemerintah kota Palembang," ungkapnya.  

Lanjut dia, Pemerintah Kota Palembang saat ini tengah berupaya agar pelaku Seni di kota Palembang bisa mencari makan di kota Palembang.  

"Kita (Pemkot Kota) selalu akan mensuport pelaku seni kota Palembang, jangan sampai pelaku seni ini berfikir bahwa Pemerintah tidak memperdulikan mereka. Kami menarik mereka supaya terus menciptakan seni. Kalau pemerintah tidak menyuport mereka mungkin tidka bisa menciptakan lagi, mungki  juga tidak lgi mau membuat seni di Palembang," tambahnya. 

Sementara Staf Ahli Bidang Pemerintahan Herly. K mengukapkan, Penghargaan ini diberikan karena pelaku seni telah mengabdikan diri untuk menumbuh kembangkan seni dan budaya di kota Palembang, khususnya penghargaan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kota Palembang untuk mengangkat melestarikan dan mengembangkan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Palembang juga sebagai acuan atau motivasi bagi tokoh-tokoh budaya pelaku seni dan pemerhati seni yang ada di kota Palembang 

"Pak Walikota berpesan kepada saya untuk mengucapkan selamat kepada para pelaku seni dan pemerhati seni yang telah menerima penghargaan dimana hal ini memberi teladan sebagai pelaku seni dan kesenian berprestasi tingkat kota Palembang," ungkap Herly.  

Untuk itu diperlukan bantuan dan kerjasama dari seluruh pihak seniman budayawan akademisi pengamat budaya dan lainnya selanjutnya saya berharap kepada para pelaku seni dan pemerhati seni tetap terus tumbu. 

"Kita berhadap masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa dapat menjadi tauladan sehingga melalui kesenian ini akan mendorong minat mereka untuk semakin memiliki cinta terhadap seni dan budaya Kota Palembang agar tidak pernah terpikir zaman kurangnya kepedulian dari masyarakat dinilai masih kurang dalam mengapresiasi karya dan seni apresiasi terhadap salah satu sektor ekonomi kreatif merupakan hal yang dibutuhkan saat ini untuk mendorong masyarakat Palembang sebagai ketua dkpp yang lama pada saat pembuatan kemarin," tukasnya.  

Berikut nama-nama penerima penghargaan :

1.Deru Purwanto Seniman Tari

2.Kms Muksin Seni Rupa

3.Syamsul Fajri Seni Satra

4.Ridwan Efendi Seni Teater

5.Wan Amad Seni Musik

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Budpar Sumsel Palembang

Komentar