14 Mar 2018 15:00 | 144

Pemkot Palembang Target 2,5 Juta Wisatawan

Pemkot Palembang Target 2,5 Juta Wisatawan

Kaganga.com, Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus memanfaatkan perhelatan Asian Games 2018 untuk menarik wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Bahkan, Pemkot Palembang menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 2,5 juta orang.
Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani mengatakan bahwa target ini dinilai sangat relevan. Di tahun 2017 kunjungan wisatawan mencapai 2 juta lebih. Kemudian, ditambah dengan adanya Asian Games serta destinasi wisata yang terus digenjot infrastrukturnya sehingga optimistis dapat mencapai target tersebut.
"Saat ini ada 64 total destinasi wisata dengan 14 destinasi wisata utama yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya, serta wisata hasil buatan manusia," katanya saat ditemui di Pemkot Palembang, Rabu (14/3).
Ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro. Kemudian, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman, serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Selain 14 Destinasi wisata itu, Pemkot Palembang juga menyajikan tempat wisatawan dapat melakukan swafoto seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak.

"Kami juga menggandeng Asosiasi Travel Agen (ASITA), media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), dan lain sebagainya dalam upaya mempromosikan destinasi wisata ini," ujarnya.

Ia menerangkan berdasarkan data kunjungan wisatawan yang paling tinggi saat ini masih wisatawan nusantara 2.001.567 pengunjung, sedangkan mancanegara hanya 9.850 pengunjung. "Kami berharap di tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara juga ikut meningkat, karena akan banyak yang datang baik official, atlet, dan lain sebagainya," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Stastik (BPS) Sumsel, Yos Rusdiansyah mengakui kunjungan wisatawan terus meningkat selama tahun 2017, apalagi di tahun 2018 ini bakal ada event Asian Games.

"Kami optimistis kunjungan wisatawan akan meningkatkan lagi di tahun 2018. Selain itu juga dapat memicu peningkatan ekonomi terutama di Kota Palembang," tutupnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Wisata Palembang pemkot palembang

Komentar