2 Jun 2019 20:00

Puncak Libur Lebaran, Pelancong di Gua Putri Diprediksi Tembus 4.000 Pengunjung

Puncak Libur Lebaran, Pelancong di Gua Putri Diprediksi Tembus 4.000 Pengunjung

Kaganga.com, Baturaja -  Untuk berkujung dan berlibur dikawasan gua Putri di desa padang Bindu kecamatan Semidang Aji kabupauen Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, para pelancong tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena saat puncak kunjungan pelancong nantinya, harga tiket masuk perorang hanya Rp 10 ribu. Harga tersebut sudah termasuk tiket hiburan dan tiket masuk kawasan wisata Gua Putri. Demikian diungkapkan Koordinator Pengelolah Kawasan Wisata Gua Putri Erlan.

 

Menurutnya, Kendati memasuki puncak ramai dan puncak kunjungan wisata, pihaknya masih menjalankan aturan pemerintah daerah terkait retribusi kunjungan wisata. Tidak ada kenaikan tariff kunjungan dan masuk kawasan gua putri. Hanya terdapat penambahan biaya untuk hiburan, mengingat saat puncak kunjungan wisata nanti, pihaknya menyediakan live Musik dipelataran depan kawasan wisata gua putri. Live Musik berupa Organ tungga Tersebut nantinya diperuntukan bagi pengunjung.

 

Menurutnya, puncak kunjungan wisata di kawasan ini akan terjadi pada hari kedua perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440H. angka kunjungan wisata diprediksi menembus angka 4000 Kunjungan pelancong, baik masyarakat pribumi, maupun pelancong luar daerah. Guna menyambun pegunjung yang akan berlibur dikawasan gua putri, pihaknya telah melakukan beragam persiapan.

 

“kalau Soal Kebersihan, sudah kita lakukan sepanjang bulan puasa ini, hingga H-1 hari Raya Idul Fitri,” kata Erlan.

 

Untuk peningkatan kualitas Pelayanan bagi Pengunjung, pihaknya melakukan penambahan Personel pengelolah yang akan ditugaskan saat puncak kuncungan wisata dikawasan ini. Penambahan personel tersebut melibatkan aparatur pemerintah Desa Setempat, Linmas Desa Setempat, serta para tokoh masyaralat.

 

“Kurang Lebih aka nada bantuan 30 orang saat punjang kunjungan wisata, sementara saat ini penelolah yang dibakukan oleh pemerintah daerah melalui dinas pariwisata berjumlah 31 Orang,” terang Erlan.

 

Sementara pada sisi keamanan, pada puncak kunjungan wisata nanti, pihaknya mendapatkan Back-Up pengamanan dari jajaran kepolisian sector terdekat dari kawasan wisata ini, yakni kepolisian sector Pengandonan dan Kepolisian Sektor Semidang Aji.

 

“kalau Sprint Dari Polres Belum ada, tapi dari Polsek terdekat ada, dan rencanaya akan didirikan Pos Pantau dilokasi Gua Putri ini,” Pungkasnya. (*)

Penulis : Deni Ade Saputra
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Goa Putri Baturaja Lebaran

Komentar