14 Apr 2017 15:35 | 46

Rumah Peradaban Saksi Sejarah Peradaban Manusia

Rumah Peradaban Saksi Sejarah Peradaban Manusia

Kaganga.com, Palembang - Keberadaan Rumah Peradaban dinilai sangat penting sebagai tempat untuk melestarikan sejarah peradaban manusia sejak jutaan tahun silam. Selain itu, rumah peradaban juga bisa menjadi edukasi bagi generasi penerus agar lebih melek terhadap budaya.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Chamelyn Sinaga, usai melakukan sosialisasi Rumah Peradaban Goa Putri dan Goa Harimau di Baturaja, Kamis (13/4).

Dikatakan Irene, Sosialisasi Rumah Peradaban di Sumsel pada tahun akan dilakukan di dua lokasi, pertama do Goa Putri dan Goa Harimau. Juli nanti akan dilakukan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS).

"Ini merupakan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Hasil penelitian terhadap rumah peradaban ini akan disosialisasikan agar menjadi informasi yang mendunia. Seluruh elemen masyarakat mulai dari peneliti, akademisi, media, dan warga setempat terikat untuk memperkenalkan rumah peradaban ini. Kita tidak mau generasi sekarang lupa dengan sejarah yang ada, dan kita harus bangga karena kita merupakan bagian dari sejarah," ujarnya.

Sementara, Ketua Tim Ahli Penelitian Goa Putri dan Goa Harimau, Profesor Truman Simanjuntak mengatakan, event sosialisasi rumah peradaban ini merupakan sebuah event yang penting untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu, karena event ini membawa masyarakat memahami lebih jauh tentang peradaban manusia.

"Banyak temuan penting dari hasil penelitian di Goa Putri dan Goa Harimau, seperti tinggalan-tinggalan purba yang berumur sangat tua sekitar 13 hingga 15 juta tahun yang lalu ada di tempat ini," katanya disela sosialisasi rumah peradaban.

Dirinya berharap, pemerintah setempat dan peneliti muda dapat mengeksplorasi temuan itu untuk diberitahukan ke seluruh masyarakat tentang awal mula terbentuknya daratan Sumatra bukan hanya daratan di OKU.

"Intinya rumah peradaban ini mengajak kita untuk benar-benar menjadi bangsa Indonesia yang berbudaya dengan nilai-nilai luhur, bukan bangsa yang tiba-tiba muncul tanpa kepribadian dan budaya," tegasnya.

Di acara Sosialisasi Rumah Peradaban Goa Putri dan Goa Harimau itu juga dilakukan pemutaran video grafis tentang peradaban manusia purba di Goa Putri dan Goa Harimau, yang disajikan untuk puluhan pelajar dan mahasiswa yang

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Rumah Peradaban Budaya

Komentar