18 Des 2021 16:00

Songket Resmi Malaysia Mendapat Pengakuan Dari Unesco, Ini Respon Gubernur Sumsel

Songket Resmi Malaysia Mendapat Pengakuan Dari Unesco, Ini Respon Gubernur Sumsel

Kaganga.com,Palembang - Ramai diperbincangkan hari ini jika Songket dari negara Malaysia mendapat pengakuan dari United Nations Educational, Scientific, adn Cultural Organization (Unesco) sebagai warisan Budaya tak Benda Kemanusiaan. 

 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru menanggap jika itu adalah urusan Negara. Meski Songket diketahui juga merupakan kain khas tanah Bumi Sriwijaya, Deru berkata jika ia hanya bisa memohon kepada Kementrian agar Songket itu diakui sebagai warisan dari nenek moyang Sumatera Selatan atau budaya dari masyarakat Sumsel. 

 

"Ini sudah urusan Negara, Kita hanya memohon dengan Kemenkumgam agar melindungi dan merespon itu,"kata Deru saat di bincangi, Jumat (17/12/2021). 

 

Lanut dia, jika pihaknya akan melakukan Komplen jika di izinkan, tapi Pemerintah Daerah tidak bisa turun langsung untuk melakukan Komplen kepada organisasi Dunia. 

 

"Kalau memang di izinkan di tingkat orovinsi komplem ya kita komplen. Kalau sudah di tingkat Dunia sudah Negara yang mengurusi, Tapi kita akan mita tindak lanjuti lembaga yang menangani ini di tingkat negara," tegasnya.

 

.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah Provinsi

Komentar