16 Nov 2017 23:00 | 118

Sumsel Segera Tambah 2 Cagar Budaya Nasional

Sumsel Segera Tambah 2 Cagar Budaya Nasional

Candi Bumi Ayu dan Goa Harimau


Kaganga.com, Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sumsel terus mendorong percepatan pengusulan cagar budaya nasional terhadap objek-objek cagar budaya yang tersebar di seluruh Sumsel.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, saat ini ada dua objek cagar budaya yang sudah tinggal selangkah untuk kemudian ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional, yakni cagar budaya yang ada di Kabupaten Pali dan OKU.

"Pali dengan candi Bumi Ayu nya tinggal progres SK keluar. Lalu Oku dengan Goa harimau nya sudah diusulkan cagar budayanya, tinggal tunggu ketuk palu, dan rembuk bersamanya lalu susun laporan," ujar Irene saat Rapat Pembahasan Pengusulan Cagar Budaya Sumsel tahun 2017 di Benteng Kuto Besak Restoran Palembang, Kamis (16/11/2017).

Selain itu, masih ada 3 kab/kota lagi yang Cagar budayanya yang bisa lebih dekat untuk di usulkan menjadi cagar budaya nasional yakni, di Palembang, OKI dan Lahat.

Dalam rapat ini juga, pihaknya terus mendorong agar tiap-tiap kabupaten/kot di Sumsel sudah pula mempersiapkan objek-objek arkeologinya untuk dipersiapkan segala halnya agar bisa diusulkan menjadi Cagar Budaya Nasional.

"Untuk 3 kab/kota yang punya potensi cagar budaya nasional tadi diharapkan segera melakukan percepatan progresnya. Antara lain mengusulkan SK Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) dan percpatan lainnya. Terlebih Palembang yang punya 79 objek cagar budaya," ujar Irene.

Rapat dihadiri penggiat-penggiat budaya Sumsel dan instansi terkait.

Penulis : Riki Okta Putra
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Budaya cagar Budaya Nasiona

Komentar