9 Ags 2017 18:08 | 40

Terompah Panjang, Pupuk Kekompakan Tim

Terompah Panjang, Pupuk Kekompakan Tim

Kaganga.com, Muara Enim - Puluhan pesertayang berasal dari dinas/instansi, sekolah maupun masyarakat umum di Bumi Serasan Sekundang mengikuti olahraga tradisional terompah panjang atau sering juga disebut bakiak, yang dilombakan dalam rangkaian menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim, berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim, Rabu (9/8).

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muara Enim melalui Sekretaris, Aidi, permainan terompah panjang merupakan olahraga tradisional yang sudah ada sejak dulu. Olahraga ini, selain untuk meningkatkan kebugaran tubuh, juga untuk memupuk kemampuan kerja sama serta kekompakan sesama tim.

“Lomba ini untuk memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara. Terompah kita tahu, tanpa kebersamaan tidak bisa jalan. Satu saja menghambat tidak bisa. Makanya dibutuhkan kerja sama tim,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada saat pembukaan rangkaian lomba memperingati HUT RI, Selasa (8/8), Aidi mengatakan lomba yang dilaksanakan OPD-nya berlangsung mulai 8 sampai 11 Agustus.

“Lomba dimulai dengan balap karung pada Selasa (8/8), Rabu terompah panjang, Kamis tarik tambang, dan puncaknya pada hari Jumat nanti ada jalan santai,” ujar Aidi.

Dia menyebut, untuk pemenang tiga besar akan diberikan hadiah uang tunai. “Selain memperingati HUT RI, lomba ini sebagai hiburan kreasi untuk warga Muara Enim. Para peserta lomba dari PNS, TNI/Polri hingga masyarakat umum,” tukasnya.

Sementara itu, Yudha, salah satu peserta lomba terompah panjang, mengatakan dibutuhkan kerja sama tim yang kompak untuk bisa meraih kemenangan. Yang jelas dirinya sangat senang melakukan kegiatan ini dalam mengisi perayaan Kemerdekaan RI. “Kerja sama tim kita kompak bersama-sama untuk meraih kemenangan,” ucap dia.

Penulis : LPM IV
Editor : Deddy Pranata

Tag : Muara Enim

Komentar