8 Nov 2017 22:50 | 46

Total Honor PPK/PPS 8 Kabupaten/Kota Capai 80 Miliar/Bulan

Total Honor PPK/PPS 8 Kabupaten/Kota Capai 80 Miliar/Bulan

Kaganga.com, Palembang - Ketua KPU Provinsi Sumsel, Aspahani memastikan total honor PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mencapai Rp 80 miliar/bulan.
Angka ini menurutnya hanya untuk PPK dan PPS di delapan Kabupaten/kota. Sementara sembilan Kabupaten/kota yang juga melaksanakan Pilkada serentak, honor PPK dan PPS dibayar oleh Pemerintah setempat.

“Untuk panitia adhoc (PPK dan PPS) yang ditanggung KPU Sumsel anggarannya mencapai Rp 80 miliar/bulan. Biaya sebesar ini wajib dikeluarkan selama delapan bulan,” katanya.

Menurut Aspahani, angka tersebut tidak akan menjadi beban dan terbilang masih rasional. Meski anggaran Pilkada Sumsel 2018 mengalami cukup besar pemangkasan, namun untuk honor PPK dan PPS tidak akan terhambat.

Secara spesifik, Aspahani menjelaskan bahwa honor PPK Rp 1.800.000/bulan untuk setiap orang. Sementara honor PPS dibawah angka tersebut. Pelantikan PPS sendiri baru akan dilakukan setelah proses rekruitmen tuntas.
Dimana untuk rekruitmen PPS saat ini masih dalam proses dan baru akan rampung pada 11 November mendatang. “Konsekuensinya setelah dilantik ya gaji mereka harus dibayar,” katanya.

Untuk anggota PPK se-Sumsel yang akan bertugas pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu 2019 baru akan dilakukan pelantikan usai tim seleksi menyelesaikan tugas rekruitmen yang berlangsung sejak 12 Oktober hingga 1 November 2017.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PPK PPS

Komentar