4 Mar 2018 20:30 | 141

Truly Sriwijaya Di Tanjung Enim

Truly Sriwijaya Di Tanjung Enim

Kaganga.com, Muara Enim - Melihat kebelakang untuk mengagumi kebesaran dan keagungan kerajaan Sriwijaya yang mendunia, menjadikan Tanjung Enim pun berharap akan besar dan mendunia.

Di kawasan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, akhirnya resmi memiliki icon berupa tugu gapura sekaligus landmark baru yang berada di Jalan Lintas Sumatera Tengah, Desa Lingga, Kecamatan Lawang kIdul, Muara Enim.

Tugu gapura yang dibangun melalui dana CSR PTBA tersebut sekilas bernuansakan kerajaan Bumi Sriwijaya yang berpadu dengan beberapa kebudayaan, seperti islam dan tiongkok.

Bangunan tugu ini diresmikan langsung oleh direktur PTBA, Arviyan Arifin dan disaksikan langsung perwakilan pemkab Muara Enim,Minggu (4/3).

Bangunan tugu gapura ini merupakan langkah awal menjadikan Tanjung Enim sebagai kota wisata, hal ini mirip yang kami lakukan di kawasan Sawah Lunto, Sumatera Barat,"kata Arviyan.

Arviyan menambahkan, daerah sawah Lunto, Sumatera Barat berhasil masuk heritage dunia berkat wisata dan tambangnya. Untuk itu, pihaknya kembali yakin hal ini juga bisa terwujud dikawasan Tanjung Enim.

Kami melihat Tanjung Enim juga memiliki banyak potensi, dalam mendukung kota wisata, disini pun bakal kita bangun banyak infrastruktur seperti lapangan terbang dan jembatan,"ungkapnya

Kawasan Tanjung enim juga bakal memiliki berbagai atraksi wisata yang siap dibangun PTBA. Diantaranya arena arung jeram dan pusat kuliner. "Untuk saat ini masterplannya sedang disusun,"jelasnya

Sementara Sekretaris Perusahaan PTBA,Suherman mengatakan Gapura Sriwijaya yang dibangun PTBA untuk kembali mengingatkan masyarakat akan kebesaran kerajaan sriwijaya yang terbesar di Maritim Nusantara.

Karena itu Gapura sengaja dibuat kental bernuansa sriwijaya, terdapat stupa candi bumi ayu berwarna keemasan dan struktur pokok bangunan berwarna putih mengambil ciri khas masjid Agung Palembang,"paparnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Tanjung Enim Gapura Sriwijaya PTBA

Komentar