13 Jan 2021 17:00

19.080 Dosis Vaksin didistribusikan ke Puskesmas

19.080 Dosis Vaksin didistribusikan ke Puskesmas

Kaganga.com, Palembang - Dinas Kesehatan Kota Palembang telah menerima 19.080 vial vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel.  

BPOM juga telah mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) yang menyatakan keabsahan untuk pendistribusian vaksin.  

"Vaksinnya langsung kita distribusikan ke puskesmas-puskesmas. Ada 14 puskesmas yang akan melayani vaksin ini. Tapi tadi baru kita distribusi ke 13 puskesmas," kata Pelaksana tugas Kadin Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah, Rabu (13/01/2021). 

Yang menerima yakni Puskesmas Gandus, Puskesmas Basuki Rahmat, Puskesmas Sei Baung, Dempo, Alang Alang Lebar, Kampus, Merdeka, Ariodillah, Kalidoni, Sukarami, Kertapati, Taman Bacaan dan Empat Ulu,.  

"Yang belum Puskesmas Sekip. Karena lagi pendataan," terangnya 

Ia menyebutkan, pemberian vaksin tetap sesuai jadwal, yakni hari Kamis, tanggal 14 Januari 2021.  

"Rencananya diawali dengan vaksin kepada Gubernur, Wali Kota dan Forkominda. Untuk lokasinya masih menunggu informasi."  Fauziah menambahkan, vaksin ini untuk dua kali penyuntikan, dalam rentang waktu 14 hari.  

"Yang kita terima 19.080 vaksin. Kalau untuk dua kali penyuntikan dengan sasaran 14 ribu tenaga kesehatan, kurang 5.000 an vaksin. Ini sudah kita ajukan ke pusat untuk dikirimkan lagi," ungkapnyh.  

Ia berharap tenaga kesehatan yang sudah menerima SMS untuk divaksin melakukan registrasi ulang pada aplikasi yang sudah ada di SMS tersebut. 

"Setelah register ulang nanti akan terima SMS lagi sebagai undangan untuk dibawa ke faskes saat akan melakukan vaksin," lanjutnya 

Bagi yang akan divaksin, tambah Fauziah, harus dalam kondisi sehat. 

"Tidak boleh sedang sakit. Vaksin juga tidak untuk penyintas Covid 19, ibu hamil, menyusui, ada penyakit kormobid."pungkasnya

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Vaksin Sinovac Covid 19

Komentar