9 Okt 2018 20:10

2019 Insentif Guru Honor Naik

2019 Insentif Guru Honor Naik

Dialokasikan Rp 41 Miliyar

Kaganga.com, Muara Enim - Meski saat ini kondisi  guru tenaga honorer di Kabupaten Muara Enim yang yang kecewa karena tidak bisa melamar CPNS akibat ada persaratan pembatasan umur maksimal 35 tahun, namun kekecewaan mereka bakal terobati.

               Soalnya Pemkab Muara Enim pada tahun anggaran 2019 mendatang akan menaikkan uang insentif Tunjangan Harian Lepas (THL) guru honor tersebut, dari Rp 700 ribu menjadi Rp 1,2 juta/bulan bagi berpendidikan sarjana.

                 Sedangkan yang berpendidikan non sarjana dinaikkan dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta/bulan. Jumlah guru honorer yang akan menerima kenaikan uang insentif THL dianggarkan melalui dana APBD Muara Enim itu berjumlah 2.857  orang guru SD, SMP dan Paud.

                  Adanya rencana kenaikan uang insntif guru honor tersebyt diungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim, Zainal Drs Zainal Abidin, pada saat melakukan dialog dengan perwakilan guru honorer yang tergabung dalam Komite Nusantara Aparatur Sipil Negara (KN-ASN) di gedung DPRD Muara Enim, Senin (8/10).

                “Kita terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru terutama guru honorer non PNS. Kita sudah rencanakan akan menaikkan insentif THL guru honorer tersebut tahun 2019 mendatang dengan alokasi anggaran sekitar Rp 41 miliyar dengan jumlah guru yang menerima sebanyak 2.857 orang terdiri dari guru SD, SMP dan PAUD,” jelas Zainal pada dialog yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Muara Enim, Mardiansyah itu.

                 Menurutnya, pihaknya juga tengah berupaya untuk membuat paying hukum rencana kenaikan insentif THL tersebut berrupa Peraturan Bupati (Perbub). 

                “Perbup ini sudah kita buat namun masih terkendala di bagian Hukum Pemkab Muara Enim.  Makanya kita meminta bantuan dari komisi IV agar Perbup ini dapat secepatnya terselesaikan,” jelasnya.

             Karena, lanjutnya, pengalokasikan anggaran uang insentif guru honorer tersebutr harus ada paying hukumnya. Dia juga mengatakan, data guru honorer tersebut akan diakuratkan lagi, supaya jangan sampai ada guru honorer yang tidak menerima uang insentif THl tersebut.

             Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Muara Enim, Mardiansyah SH, mendukung penuh rencana kenaikan uang insentif THL guru honorer tersebut. “ Kami siap membackup rencana kenaikan uang insentif guru honor tersebut,” jelasnya.

                  Pihaknya juga akan segera melakukan kordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)  dan Bappeda Pemkab Muara Enim untuk membicarakan masalah kenaikan uang insentif guru honorer tersebut.

                 “Besok kita akan melakukan rapat kordinasi dengan PPKAD, Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan guna membahas masalah rencana kenaikan uang insentif guru honor dan tenaga kesehatan,” jelasnya. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Guru Honorer Insentif

Komentar