5 Sep 2019 22:00

Asap Makin Pekat, Kwalitas Udara di Sumsel Dianggap Masih Stabil

Asap Makin Pekat, Kwalitas Udara di Sumsel Dianggap Masih Stabil

Kaganga.com, Palembang - Kabut asap mulai menyambangi kota Palembang dan beberapa daerah lainya di Provinsi Sumsel, turut mempengaruhi kwalitas cuaca di Provinsi Sumsel. Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumasel.

Melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan dan Pengelolaan Sampah B3 dan Limbah B3 DLHK Sumsel, Dany Fachrial, ia menjelaskan jika Kondisi kwalitas udara di Provinsi Sumsel terutama yang sedang terkena Karhutla dalam kategori sedang. Aritinya, kondisi Udara di beberapa daerah tersebut tidak dalam kondisi Baik ataupun tidak dalam kondisi buruk juga.

"Berdasarkan pemantauan kualitas udara hari ini baik di kota Palembang, Banyuasin, Muba, OI ataupun daerah lain yang terjadi Karhutla masih diangka 65, artinya dalam range kualitas udara ada masuk dalam kategori sedang," kata Fachrial saat di hubungi, Kamis (5/9).

Lanjut dia, Air Quality Monitoring System (AQMS) mencatat, kondisi udara di Palembang dan daerah lainya yang sedang terjadi karhutla masih dalam tahap baik di bawah kisaran range scala 50-100 yang menandakan kualitas udara itu sedang.

"Sedangkan, dalam keadaan baik di bawah kisaran angka 1-50 yang artinya baik. 50-100 sedang, 100-150 kurang baik, 150-300 buruk atau berbahaya," ujarnya.

Lanjut dia, kondisi ini belum separah di tahun 2015 dimana kwalitas udara sudah mencapai kategori berbahaya. "Kita berdoa saja semoga tidak sampai seperti 2015 lalu," singkatnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Asap Pekat

Komentar