13 Jan 2021 09:00

Fatwa Halal Sudah diterbitkan, Vaksin Mulai disebar

Fatwa Halal Sudah diterbitkan, Vaksin Mulai disebar

Kaganga.com, Palembang - Vaksin Covid-19 buatan Pabrik Sinovac asal Cina sudah beberapa waktu lalu tiba di Kota Palembang. Pendistribusian Vaksin ini sempat tertahan lantaran masih menunggu Emergency use authorization (EUA) dan fatwal halal dari MUI.  

Namun, Pendistribusian Vaksin hari ini mulai disebar karena EUA dan fatwa Halal sudah diterbitkan. Sejak pagi tadi, Selasa (12/1), Dua Kabupaten kota yakni Kota Palembang dan Kabupaten OKI.  

"Semantara ini hanya dua kabupaten kota itu dulu yang didistribusikan vaksin. Awal rencana harusnya Empat Kab/kota namun di revisi kembali menjadi dua," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dra. Lesty Nurainy, Apt. M.Kes saat di Gudang Vaksin yang ada di Sekep.  

Lanjut Lesty, pemilihan dua kota palembang dan Kabupaten OKI karena memiliki jarak yang dekat dengan kota Palembang.

"Pusat menginstruksikan didistribusikan ke daerah yang terdekat terlebih dahulu. Maka untuk Palembang didistribusikan 23.600 dosis/vial dan untuk OKI 6.400 dosis/vial," katanya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan 19.080 dosis vaksin Covid-19 yang telah diterima selanjutnya akan disimpan di gudang farmasi yang berada di Jalan Sosial, Palembang.

“Tahapan vaksinasi tetap sesuai jadwal mulai 14 Januari 2021,” katanya. 

Ia mengatakan, Dinkes Palembang sendiri sudah menyiapkan 72 lokasi vaksinasi. Terdiri dari 41 puskesmas, 26 rumah sakit, 4 klinik, dan 1 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Vaksin Sinovac

Komentar