8 Jul 2018 20:55 | 45
Pilgub sumsel 2018

Hasil Rekapitulasi KPU Sumsel, HD-MY Menangi Pilgub Sumsel

Hasil Rekapitulasi KPU Sumsel, HD-MY Menangi Pilgub Sumsel

Kaganga.com, Palembang - Setelah melakukan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023, Minggu (8/7) siang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel resmi mengeluarkan hasil rekap dari form DB1 dari 17 Kabupaten Kota di Sumsel.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan nomor urut 1, Herman Deru - Mawardi Yahya (HD-MY) tetap unggul dipuncak dengan total suara 1.394.438. Sedangkan, Pasangan nomor urut 2, Aswari Rivai - Irwansyah memperoleh suara sebanyak 442.820 dan Pasangan nomor urut 3, Ishak Mekki - Yudha Pratomo mendapat jumlah suara 839.743, semenyara Pasangan nomor urut 4, Dodi Reza Alex - Giri Ramanda Kiemas mendapat total suara sebanyak 1.200.625.

Dengan hasil tersebut total suara pemilih di Sumsel sebanyak 4.010.698 yang terdiri jumlah suara yang sah yakni sebanyak 3.877.626
dan suara yang tidak sah sebanyak 133.072.

Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan dari hasil perhitungan suara 17 Kabupaten/Kota se Sumsel sudah ditentukan jumlah suara terbanyak dalam Pilgub Sumsel.

Bahkan, pihaknya langsung meminta KPU Kabupaten/Kota untuk langsung memaparkan menggunakan formulir DB-1 dalam kotak.

"Perolehan suara ini sudah di konfirmasi baik dari saksi dan Panwaslu setempat semua sudah menyatakan cocok," katanya saat ditemui di KPU Sumsel, Minggu (8/7).

Meskipun begitu, ada saksi dari paslon nomor 4 yang belum menerimanya. Namun, pihaknya menganggap perolehan suara ini sudah selesai.

Dalam perhitungan surat suara sendiri, ia mengakui masih ada terjadi selisih Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya dengan jumlah hasil rekapitulasi.

Selisih ini terjadi di dua kabupaten/kota yaitu Empat Lawang dan Musi Rawas. Meskipun begitu, selisih DPT ini tidak berpengaruh terhadap hasil karena selisih DPT hanya sekitar 1000 pemilih.

"Kami sudah meminta saran kepada Bawaslu dan, Bawaslu merekomendasikan untuk ditunda dahulu hingga malam nanti. Jadi kami skor hingga pukul 20.00 WIB," ujarnya.

Menurutnya, pihak KPU bisa saja memasukkan selisih ini dalam catatan khusus DC-2. Namun, pihaknya tidak ingin menyisakan masalah. Karena itu, pihaknya menunda selama tiga jam agar dua kabupaten tersebut mendalami selisih ini.

Setelah dikeluarkannya hasil rekapitulasi suara, maka menunggu proses gugatan selama tiga hari kedepan. Jika memang tidak ada gugatan maka akan ditetapkan sebagai calon gubernur terpilih.

"Kalau memang ada gugatan tentunya menunggu dahulu hingga dikeluarkan keputusan berkekuatan hukum tetap," tutupnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pilgub Sumsel 2018 HD-MY rekapitulasi

Komentar