16 Feb 2021 09:40

Juarsah Ditangkap KPK, Gubernur Tunjuk Sekda jadi Plh Bupati Muara Enim

Juarsah Ditangkap KPK, Gubernur Tunjuk Sekda jadi Plh Bupati Muara Enim

Kaganga.com, Palembang - Senin (15/2) kemarin masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya yang berada di Kabupaten Muara Enim kembali mendengar kabar mengejutkan. H Juarsah, Bupati yang baru menjabat dua bulan menggantikan Bupati terpilih yang ditahan KPK ikut menjadi tahanan KPK terkait kasus suap. Kabar itu resmi diumumkan KPK secara langsung di hadapan awak media. 

Kabar ini menjadi serentetan kabar yang mengejutkan setelah Bupati terpilih Ahmad Yani menjadi yang pertama di tahan dengan kasus yang sama. Apalagi belum lama ini juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim juga telah Meninggal Dunia. Dengan ditahannya Juarsah, kekosongan kepemimpinan terjadi di Kabupaten Muara Enim. 

Hal ini membuat Gubernur Sumsel Herman Deru mengambil langkah cepat dengan menunjuk Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim.

"Karena tidak ada satupun pemimpin baik Bupati Wakil Bupati, dan juga Sekda, maka saya menunjuk Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar sebagai Plh," Kata Deru yang di temui di Griya Agung, Senin Malam. 

Penunjukkan Nasrun Umar sebagai Plh Bupati Muara Enim ini berdasarkan hasil rapat dadakan yang dilakukan pihaknya. 

"Dengan telah ditunjukknya Plh ini maka segala sesuatu yang berkaitan dengan Pemkab Muara Enim harus dikonsolidasikanSegala sesuatu konsolidasi ke Sekda Provinsi Sumsel H Nasrun Umar sebagai kepanjangan tangan dari Gubernur Sumsel. Dengan begitu tidak akan ada roda pelayanan dan pembangunan di Pemkab Muara Enim yang terhenti atau terhambat" ujar Deru.

Deru menjelaskan, jabatan Plh akan berakhir jika Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan atau memutuskan menonaktifkan H Juarsah sebagai Bupati Muara Enim. 

"Plh kami tunjuk sampai ada status yang jelas dari Mendagri. Jika saudara H Juarsah dinonaktifkan sebagai Bupati Muara Enim maka kami akan segera mengajukan ke Kemendagri surat penunjukkan Plt atau Pj Bupati Muara Enim," pungkasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : KPK RI Muara Enim Kasus Suap

Komentar