11 Mei 2019 21:55

Juni Nanti, Trainset LRT Akan Beroprasional Secara Penuh

Juni Nanti, Trainset LRT Akan Beroprasional Secara Penuh

Kaganga.com, Palembang - Moda tranportasi masal Light Rail Transit (LRT), Palembang sekerang ini hanya ada enam Trainset yang beroprasional. Rencananya, akan dilakukan pengoperasian penuh terhadap delapan trainset pada bulan Juni tahun 2019 nanti.

"Dioperasikannya delapan trainset karena hampir 100 persen masa uji coba LRT dan ditambah penyesuaian dari rentang waktu antara pergerakan satu rangkaian kereta dengan kereta lainnya (headway) akan lebih menyesuaikan akibat penambahan rangkaian trainset," kata Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi ssat kunjunganya ke Palembang, Sabtu (11/5).

Kata Budi, selama ini jarak tempuh LRT dari stasiun Bandara Ke DJKA (Opi Mall) itu bisa memakan waktu 62 menit. Diharapkanny, dengan beroperasinya penuh rangkaian LRT diharapkannya dapat memangkas waktu perjalanan hingga 20 menit dan akan ada penambahan prioritas untuk stasiun tertentu.

"Kita banyak lakukan improvement, kita rencanakan tanggal 1 atau 7-8 Juni untuk suatu operasi yang level of service-nya jauh lebih baik dari sekarang. Kalau sekarang katakanlah headway-nya masih diatas 30 menit. Nanti akan kita tekan menjadi hanya 15 menit, "Ujarnya.

Dengan beroperasi secara penuh bulan Juni mendatang pihaknya, tetap mengupayakan agar inovasi terus dilakukan. Seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggandeng pemkot Palembang dalam melakukan integrasi angkutan masal. Di mana sebelumnya sudah ada tarif integrasi antara LRT dan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Musi milik pemkot Palembang. Namun, kebijakan tersebut akan terus dimatangkan dalam sistem trayek feeder.

"Kalau dulu intentasnya setiap stasiun sama nanti akan ada inovasi kita. Kami akan mengupaykan perjalanan dari Stasiun Bandara ke Stasiun Pasar Cinde untuk lebih rutin. Jarak tempuhnya juga disesuaikan, Bandara-Cinde 30 menit. Ini melihat jumlah penumpang yang naik-turun disitu lebih ramai dibandingkan stasiun lain. Ini bisa disesuaikan seiring dengan waktu apabila ada stasiun lain yang ramai," tukasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : LRT Palembang

Komentar