17 Apr 2017 18:41 | 100

Mendagri: Pembangunan di Daerah Belum Fokus

Mendagri: Pembangunan di Daerah Belum Fokus

Kaganga.com, Palembang - Sebanyak 198 kabupaten/kota saat ini pembangunannya dinilai belum fokus sejak lima tahun terakhir. Hal tersebut diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dalam sambutannya pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Senin (17/4).

Dengan tidak fokusnya pembangunan, berakibat pada lambatnya kesejahteraan rakyat dan lain sebagainya. Karena itu, Mendagri meminta agar kepala daerah lebih mengawasi setiap pembangunan didaerahnya masing-masing.

"Bila perlu kepala daerahnya dua atau tiga bulan sekali lihat langsung pembangunan di daerah masing-masing," kata Tjahjo.

Dengan melihat langsung, imbuhnya, maka dapat mengetahui apa saja yang menjadi kendala. Sehingga jika kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) merasa tidak sanggup, maka ganti saja dengan yang dinilai mampu mengatasi kendala tersebut.

"Intinya kepala daerah itu harus lebih fokus kepada pembangunan," tegasnya.

Ia juga menambahkan, saat ini pemerintah pusat juga sengaja melakukan moratorium atau menunda pemekaran wilayah. Lantaran dari hasil evaluasi, tidak semua daerah pemekaran mampu untuk hidup mandiri dan mampu mensejahterakan rakyat.

"Ada banyak yang ingin menjadi provinsi belum lagi pemekaran kabupaten dan kota. Jadi terpaksa kami tunda dahulu dan tentunya saya minta maaf," singkatnya.

Penulis : Chandra Baturajo

Tag : Mendagri Pemprov Sumsel

Komentar