5 Des 2018 17:00

Pemkot Launching Aplikasi Hallo Palembang

Pemkot Launching Aplikasi Hallo Palembang

// Layani Keluhan Masyarakat 24 Jam

Kaganga.com, Palembang  - Pemerintah kota Palembang meluncurkan aplikasi Hallo Palembang. Salah satu aplikasi program smart city ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan  informasi terkait pelayanan yang ada di kota Palembang sekaligus melayani masyarakat hingga 24 jam.


Wali Kota Palembang, Harnojo secara langsung melaunching aplikasi Hallo Palembang di Swarna Dwipa Hotel,  Rabu (5/12). Orang nomor satu di Kota Palembang ini menjelaskan, Aplikasi Hallo Palembang ini menyediakan 569 pelayanan dari 63 unit layanan, baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi swasta,  Kecamatan sampai kelurahan. 


"Aplikasi Hallo Palembang ini salah satu program smartcity, dimana banyak pelayanan yang bisa dilihat oleh masyarakat hanya menggunakan aplikasi," ujarnya.


Dari aplikasi ini akan tergambar pelayanan masing-masing organisasi perangkat daerah. Misalnya dinas pariwisata yang bisa membagikan informasi lokasi destinasi wisata, kegiatan dan apa saja yang disuguhkan tempat wisata tersebut.


"Ini akan mempermudah masyarakat, tidak hanya warga palembang. Wisatawan yang ingin mendapatkan tempat wisata jadi lebih mudah," ungkapnya. Tidak hanya pelayanan di kota Palembang, pihaknya akan melakukan sinergi dengan instansi vertikal seperti PLN dan polresta tentang pembuatan SIM. "Ini juga nantinya yang banyak dikeluhkan masyarakat, masyarakat masih bisa menyampaikan keluhan yang nantinya akan kami bantu," kata Harnojoyo.


Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang mengatakan dari 569 layanan dibantu oleh 130 operator dari 63 unit layanam tersebut.  Ia mengatakan,  ada beberapa pelayanan yang bisa digunakan seperti cek harga bahan pokok, lapor warga, peta lokasi kantor pelayanan, cek tagihan PDAM, melacak armada transmusi, CCTV live,  mobil jenazah, ambulance dan call center 112.


Dia mencontohkan melacak armada transmusi, penumpang dapat mengecek berapa lama lagi armada akan sampai di koridor yang ditunggu penumpang. Dalah hal ini tentunya akan ada koneksi antara driver agar pelacakan berjalan lancar.


"Atau bahkan nanti, kami minta SP2J untuk memasang alat di armada agar bisa melacar keberadaan armada tersebut," jelasnya. Menurut dia, ketika masyarakat menggunakan aplikasi ini masih belum mengerti dapat menggunakan live chat yang akan dibalas oleh admin masing-masing OPD.


Rencananya aplikasi ini selesai akhir November dan akan launching pada awal Desember. Masyarakat nantinya bisa mengunduh aplikasi tersebut di playstore. "Sekarang belum bisa didownload, kalau sudah dilaunching baru bisa," tutupnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Hallo Palembang 24 Jam Online App

Komentar