21 Mei 2020 19:35

PSBB Di Palembang, Masih Banyak Warga Yang Melanggar Aturan Berkendaraan

PSBB Di Palembang, Masih Banyak Warga Yang Melanggar Aturan Berkendaraan

Kaganga.com,Palembang - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Palembang, Kamis (21/05/2020) berjalan dengan lancar, namun masih ada beberapa warga Palembang yang masih melanggar mengenai aturan berkendaraan selama PSBB dengan alasan tidak tahu.

Di jalan dua jalur tersebut lalu lintas masih ramai lancar seperti biasa. Kendaraan bermotor masih banyak lalu lalang seperti sebelum berlakunya PSBB.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ratu Dewa memantau secara langsung di lapangan berjalannya PSBB.

"Ini lokasi keempat yang saya pantau secara langsung, sebelumnya saya pantau dititik check point Jendral Sudirman, Jakabaring dan Terminal Karya Jaya. Dari pemantau saya khusus yang roda dua hampir sudah memahami aturan kendaraan PSBB, dari sampel 20 yang saya temui, hanya 5 kendaraan yang tidak mengetahui adanya aturan PSBB," kata Dewa disela pemantauan PSBB.

Tetapi untuk kendaraan pribadi dan kendaraan umum masih perlu sosialisasi yang lebih, seperti tempat duduk penumpang, yang seharusnya kapasitas untuk tiga orang, namun ini melebihi aturan dan masih perlu pembenahan. Maka dari itu pihaknya akan meningkatkan penjagaan dan personil harus lebih humanis dan persuasif.

"Tadi kita periksa kendaraan yang melebihi kapasitas, mulai dari periksa KTP dan indentitas lainnya. Tapi mereka, kita beri himbauan di hari pertama ini," ungkapnya

Ia menerangkan, kalau memang ada satu keluarga yang tidak mempunyai KTP atau suami istri yang alamat KTP nya berbeda harus membawa buku nikah atau KK yang bisa menunjukan bahwa mereka satu alamat.

Bahkan tadi ada masyarakat sedikit berargumen, kenapa istrinya harus dipindahi kebelakang, maka dari itu ia memberi penjelasan kepada masyarakat bahwa ini aturan, ini UU pada akhirnya mereka mengerti.

"Jangan sampai mereka nantinya diturunkan dijalan. Ada 13 titik check point dan penjagaannya selama 24 jam,"pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PSBB

Komentar