16 Feb 2021 19:15

Sekda Resmi Jabat Plh Bupati Muara Enim

Sekda Resmi Jabat Plh Bupati Muara Enim

Kaganga.com, Palembang - Gubenur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memberikan Keputusan (SK) Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Muara Enim kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar. Hal ini ditunjukan langsung oleh Nasrun Umar saat melakukan Confrensi Pers Sore ini di ruang kerjanya, Selasa (16/2).

Diterangkan oleh Nasrun Umar, jika setekah mendapat Keputusan Gubernur nomor 128/KTSP/1/2021 tentang Plh Bupati Muara Enim dirinya resmi sebagai pimpinan harian kabupaten Muara Enim yang mengalami kekosongan setelah Bupati dan Wakil Bupati nya menjadi tahanan KPK ditambah lagi Sekda Definitif Muata Enim belum lama ini wafat.

"Oleh karena itulah dan dalam berabagi pertimbangan, beliau (Gubernur) memutuskan bahwa saya dalam rangka pengambil alihan menjadi plh Bupati sebagai perpanjangan tangan yang harusnya Gubenrur yang menjadi pimpinan langsung di Kabupaten Muara enim. Karena sebetulnya Gubernur yang menjadi pengambilan tugas disana dan saya di tunjuk sebagai perpanjangan tangan Gubernur untuk menggantikanya," terang Nasrun Umar.

Menurut Nasrun, tidak lazim jika seorang Sekretaris Daerah yang bukan dari Kabupaten terkait menjabat sebagai Plh di kabupaten tersebut. Namun, dalam kasus di Kabupaten Muara Enim hal ini tidak bisa di hindari karena terdapat kekosongan pimpinan dengan Bupati dan Wakil Bupati terkena masalah hukum dan Sekertaris Daerah yang belum lama wafat.

"Sebetulnya tidak begitu rumit jika Sekda Definitifnya ada, tapi sebenarnya Asessment pemilihan Sekda Muara Enim telah berlangsung dan sudah masuk tahap final dimana sudah ada keputusan yang dapat dan telah di pilih oleh Gubernur. Tapi masih menunggu pilihan dari KASN," ujarnya.

Lanjut Nasrun, jika dirinya berencana akan segera berkantor di Muara Enim. Langkah pertama yang akan dirinya lakukan langsung melakukan konsolidasi di Kabupaten Muara Enim. Kata Nasrus menkipun menjabat sebagai Plh Bupati Muara Enim dirinya tidak akan meninggalkan tugas jabatan Definitif yang di embanya sebagai Sekda Provinsi Sumsel.

"Tentu saya akan mengatur jadwal mungkin bisa 5 hari disana (muara enim) 2 hari di Pemprov. Atau bisa 3 hari disana dan 4 hari di Pemprov Sumsel. Tentu akan menyesuaikan kegiatan dan agenda penting juga," kata Nasrun.

Nasrun menambahkan, meskipun harus memiliki tanggung jawab yang besar dengan mengemban dua jabatan pimpinan sekaligus. Dirinya menegaskan akan mengerjakan dua tanggung jawab tersebut secara maksimal.

"Saya masih belum tau sampai kapan tanggung jawab sebagai Plh Kab. Muara Enim ini akan di emban, tapi tentu sebagai seorang prajurit, saya harus menjalankan perintah dari pimpinan dengan baik," pungkasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : muara enim Bupati Sekda Sumsel

Komentar