10 Jun 2019 17:10

Sidak Hari Pertama Kerja, ASN yang Bolos Tak Sampai 1 Persen

Sidak Hari Pertama Kerja, ASN yang Bolos Tak Sampai 1 Persen

Kaganga.com, Palembang -  Hari pertama kerja usai liburan hari raya lebaran, sekretaris Daerah provinsi Sumsel, Nasrun Umar langsung melakukan Inpeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah OPD di lingkungan pemerintahan Provinsi Sumsel.  Dari hasil sidak yang dilakukanya, sekda mengaku cukup senang karena tidak lebih dari tiga pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan. Jika dipersentasikan tidak sampai satu persen.

Hanya saja lanjut dia pegawai yang TK akan tetap dilakukan pembinaan melalui ketentuan PP yang memang mengatur tentang Kedisiplinan ASN.  "Hasil sidak  ini akan kita laporkan langsung kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. Karena perintahnya memang seperti itu," ungkapnya sesaat setelah melakukan sidak, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, libur dan cuti bersama yang diberikan selama 11 hari lebih dari cukup, dan sudah saatnya kembali lagi melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. 

Lanjut Nasrun, Kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang mangkir tidak masuk kerja tanpa ada keterangan yang jelas dihari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama, akan dikenakan sanksi tegas sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tentang Peratura Disiplin Pegawai Negeri Sipil. 

"Saya sudah intruksikan kepada Kepala BKD dan Kasat Pol PP Provinsi Sumsel untuk tidak segan-segan menerapkan PP 53 Tahun 2010 bagi ASN yang masih kedapatan mangkir masuk kerja. Hari ini juga akan saya terbitkan Surat Peringatan (SP) 1 bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan," tegasnya. 

Dikesempatan ini, Nasrun juga memberikan apresiasi terhadap ASN dan honorer dilingkungan Setda Pemprov yang secara umum sudah masuk kerja dibuktikan dari hasil laporan yang diterimannya.

"Mudah-mudahan laporannya benar. Dari setiap bagian tadi lengkap. Tidak lebih dari tiga orang yang tidak masuk. Alasannya juga ada izin dan dinas luar," tambahnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemprov Sumsel ASN

Komentar