2 Ags 2016 14:10 | 536
Kisah Stadion Patra Jaya Palembang

Stadion Ini di Jaga Oleh Siluman Kera

Stadion Ini di Jaga Oleh Siluman Kera

Kaganga.com, Palembang - Stadion Pertamina Patra Jaya yang merupakan stadion milik Pertamina UP II Plaju dimasa lampau merupakan salah satu stadion yang terbaik di kota Palembang. Namun sayangnya saat ini stadion ini terlihat tidak terurus lagi. Meski demikian, stadion yang terletak di Kelurahan Plaju ini sekarang lebih menjadi tempat berkumpulnya para warga yang hendak belajar mengendarai kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat. Tapi masih ada pula para remaja yang memfungsikan stadion tersebut untuk berlatih bermain bola bersama teman temannya.

"Kami galak latihan di sini, kumpul-kumpul samo kawan biar di tempat ini idak di huni hantu," kelakar salah satu warga yang sedang bermain bola, Senin, (01/08/2016).

Kelakarnya cukup beralasan, karena tak hanya manusia, ternyata stadion Patra Jaya ini juga dari dulu merupakan tempat favorit berkumpulnya kera-kera. Memang ditempat ini punya cerita rakyat tersendiri tentang Ratu Bagus Kuning dan Siluman Kera". Konon menurut cerita orang-orang setempat, Ratu Bagus Kuning yang di percayai sebagai salah satu penyebar ajaran agama Islam di kota Palembang, dan Siluman Kera pernah bertarung di lokasi tempat Stadion Patra Jaya tersebut sebelum didirikan. Ratu Bagus Kuning berhasil mengalahkan Siluman Kera, sehingga sebagai imbalannya, Siluman kera tersebut harus menjadi anak buah Ratu Bagus Kuning.

Sampai saat Ratu Bagus Kuning meninggal, Makamnya pun dijaga oleh Pasukan siluman kera tersebut. Makam Ratu Bagus Kuning saat ini masih ada di dekat Stadion tersebut. Percaya atau tidak, sampai saat ini kera-kera yang ada di Stadion Patra Jaya dianggap sebagai pengikut Siluman Kera yang ditugaskan menjaga makam Ratu Bagus Kuning.

Karena itulah, selain para warga memfungsikan untuk berlatih sepak bola, kera-kera tersebut menjadi salah satu daya tarik lain bagi warga untuk berkunjung di Stadion Patra Jaya.

"Anak aku galak maen samo kero disini, kami jugok galak ngasi makan kero yang dateng ngedeketi, kalo kesini pasti bawak pisang dak tu kacang," ujar Agus salah satu pengunjung yang sedang memberi makan para kera disana.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Patra Jaya Kera

Komentar