18 Mei 2017 11:56 | 52

Tekan Gejolak Harga, Pemerintah Gelar Operasi Pasar

Tekan Gejolak Harga, Pemerintah Gelar Operasi Pasar
ilustrasi operassi pasar

Kaganga.com, Palembang - Untuk menekan gejolak harga jelang bulan puasa, pemerintah akan segera menggelar operasi pasar. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Pemprov Sumsel, Agus Yusdiantoro, Rabu (17/5).

"Mengenai kenaikan barang (Sembako,red) ada perintah dari penerintah pusat,"jelasnya.

Dijelaskannya, Bulog akan menyiapkan bawang putih 5 ton dan baru datang ke Palembang. Kedatangan bawang putih impor tersebut untuk meredam tingkat harga yang sudah mengalami kenaikan.

"Dikhawatirkan akan berdampak psikologisnya ke sembako lainnya. Khawatir akan mengganggu inflasi. Kedatangan bawang putih ini akan menekan naiknya harga di pasar-pasar," katanya.

Apalagi, harga jual bawang putih dari Bulog, diakui Agus, di bawah harga pasar saat ini. "Selama ini sudah dijual ke masyarakat, harganya Rp 40 ribu per kilogram. Masyarakat bisa datang ke lapak di depan kantor Bulog," ulas dia.

Mengenai operasi pasar yang digelar bersama, Agus menegaskan akan segera dilakukan. "Saat ini operasi pasar dilakukan bergantian. Kalau hari ini Bulog, maka besoknya baru dinas perdagangan, tapi nanti ada giat bersama," jelasnya.

Operasi pasar bersama akan digelar oleh Bulog, Dinas Perdagangan dan instansi terkait lainnya. "Kalau operasi pasar langsung, kita akan segera minta Bulog menggelarnya, terutama untuk bawang putih," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan segera menggelar operasi pasar di Pasar Cinde, Pasar Km 5, Pasar Lemabang dan Pasar 26 Ilir, hingga 21 Mei mendatang dan tak hanya bawang putih saja yang dijual.

"Ada juga sembako lainnya, seperti beras, minyak goreng dan gula,"ulas Agus. Tentunya, stok di pasar akan menyesuaikan kebutuhan masing-masing operasi pasar dan tentunya akan ada penambahan lagi jelang Ramadan nanti," lanjut Agus.

Untuk sembako impor, ada empat jalur yang digunakan, Tanjung Perak di Surabaya, Tanjung Priok di Jakarta, Pelabuhan Soekarno Hatta di Makasar dan Pelabuhan Belawan di Medan. "Kalau impor, salah satunya bawang putih di Sumsel dari Tanjung Priok," ujarnya.

Penulis : Chandra Baturajo

Tag : Operasi Pasar

Komentar