14 Sep 2020 19:55

Wawako Terapkan Mulai Terapkan Sanksi Bagi Masyarakat Yang Tidak Memakai Masker

Wawako Terapkan Mulai Terapkan Sanksi Bagi Masyarakat Yang Tidak Memakai Masker

Kaganga.com,Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai menerapkan sanksi bagi masyarakat yang tidak memakai masker.

Sanksi ini diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Pada Situasi Pandemi Covid-19. 

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, mengatakan, pemberlakukan sanksi ini sebetulnya sudah diterapkan saat PSBB tahap pertama. 

"Ini untuk penegasan bahwa kita semua harus taat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Walikota Fitrianti usai rapat koordinasi bersama Polrestabes Palembang, di DPRD Palembang, Senin (14/9/2020).

Saat ini Perawali tersebut masih disosialisasikan ke masyarakat hingga Rabu (16/9). 

"Setelah itu langsung penerapan sanksi."

Fitrianti menambahkan, sanksi itu bisa berupa denda dan sanksi sosial jika cara persuasif sudah dilaksanakan. 

"Yang kita harapkan adalah kesadaran masyarakat dan kita semua menerapkan protokol kesehatan."

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang, Kombes. Pol. Anom Setyadji, S.I.K, mengatakan, kesadaran masyarakat kota ini menerapkan protokol kesehatan, terutama di area publik, masih rendah. Sehingga penerapan sanksi betul-betul diperlukan. 

"Karena sebelumnya masih sanksi persuasif sehingga lemah payung hukum. Setelah ada (Perwali) masyarakat masih mengira efek jera seperti teguran saja, jadi masih banyak pelanggar aturan di tengah masyarakat," jelasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pemkot palembang

Komentar