9 Apr 2017 13:15 | 37

5 Jenis Penyakit yang Memicu Dehidrasi

5 Jenis Penyakit yang Memicu Dehidrasi

Kaganga.com - Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda tidak memiliki cukup air untuk melaksanakan tugasnya, dan merasa haus. Dehidrasi terjadi bisa sangat alami.

Alasannya, mungkin kekurangan asupan air atau sering mengonsumsi makanan asing saat bekerja ekstra keras. Namun terdapat jenis penyakit yang membuat Anda merasa dehidrasi yang cukup tinggi. Berikut lima penyakit pemicu dehidrasi tinggi seperti dikutip dari Boldsky.

1. Diabetes Mellitus
Diabetes dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi di tubuh, maka tekanan pada ginjal memproduksi lebih banyak urin, untuk menyingkirkan kelebihan glukosa. Hal itu dapat memicu Anda merasakan dehidrasi tinggi. Alasannya, ginjal terlalu banyak bekerja untuk bisa menetralisirkan glukosa pada tubuh.

2. Diabetes Insipidus
Penyakit yang dikategorikan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh ini bisa memengaruhi penyerapan air dalam tubuh. Hal ini dikarenakan Anda kehilangan sejumlah besar air melalui urine.

3. Siklus Haid
Haid memang sering terjadi pada wanita. Terkadang siklus haid yang terjadi dalam setiap bulannya, membuat Anda merasakan ketidaknyamanan. Diantarnya rasa dehidrasi yang cukup tinggi. Anda mungkin ingin minum sampai ton air. Hal ini dikarenakan estrogen dan progesteron dapat memengaruhi tingkat volume cairan dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa haus.

4. Anemia
Anemia adalah jenis penyakit dimana kondisi tubuh kekurangan nutrisi zat besi yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Sehingga penderita akan merasakan kehilangan cairan hingga memicu rasa haus yang tinggi.

5.Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah rendah sebenarnya memicu Anda merasa pusing. Serta depresi hal itu membuat anda akan memiliki kecemasan dan juga haus yang ekstrim di saat tertentu.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Dehidrasi

Komentar