7 Feb 2021 19:35

Ajak Kaum Muda Berkreatif Dimasa Pandemi, Layar Taman Open Casting Film Palembang "Begancang"

Ajak Kaum Muda Berkreatif Dimasa Pandemi, Layar Taman Open Casting Film Palembang

Kaganga.com, Palembang - Asah kemampuan bakat dalam dunia peraktingan, sejumlah anak muda yang tergabung dalam komunitas yang di wadahi oleh Layar Taman mengajak sejumlah anak anak muda di Palembang untuk melakukan open casting dalam film yang akan digarab ditengah Pandemi Covid-19.

Saat ini, komunitas Layar Taman ini sedang menggarap film pendek berjudul "Begancang" film ini bercerita polemik rumah tangga, tak hanya perselingkuhan, ekonomi bahkan hubungan ranjang pun bisa menjadi sebuah konflik tersendiri.

Produser Film Begancang, Rifqi Mardhani mengatakan, film Begancang ini menyelipkan pesan inspiratif dan berisi pembelajaran. Salah satunya adalah yang mengangkat lika-liku kehidupan pernikahan.

"Film ini cerita polemik rumah tangga, yang terbiasa saat berhubungan intim harus meminum jamu kuat. Dan ini menjadi polemik tersendiri bagi rumah tangga mereka," kata Rifqi saat dijumpai di Onion Coffee dan Resto, Minggu (07/02/2021).

Lewat keresahan-keresahan inilah sehingga film "Begancang" hadir untuk mengedukasi masyarakat terutama kaula muda yang baru menikah.

Film ini pun mengangkat kearifan lokal Palembang, karena film ini akan menggunakan bahasa Palembang. Ceritanya sendiri diramu oleh Rifqi yang juga sebagai Kepala Humas Layar Taman dan mengambil lokasi shooting di daerah Talang Keranggo dan Tanggo Buntung, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

"Iya lokasinya kita ambil disitu, karena memang orang Palembang kan terkenal daerah situ. Apalagi rumah-rumah di sana masih rumah kayu panggung, jadi bener-bener lokal filmnya," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Komunitas Layar Taman Palembang, Among Krida Wicaksono menceritakan terbentuknya Layar Taman yang sebagai bentuk wadah dari komunitas Filmmaker di Palembang ini sudah sejak 2014. Bahkan sudah banyak melahirkan pelaku pembuat film berkualitas termasuk di Kota Palembang. Memiliki basecamp di Jalan Dipenogoro, Talang Semut, Layar Taman kini mempunyai lebih dari 25 komunitas filmmaker belum beserta pengurus.

"Kami menaungi siapa saja yang tertarik tentang film, tidak harus ada basic ilmu, kalau dia berminat berkecimpung silakan. Karena di sini namanya belajar dan mengayomi lebih positif," kata Among.

Menurutnya, Komunitas Layar Taman Palembang tidak pernah memaksa publik untuk menyukai dunia film. Namun dengan keberadaan mereka sebagai wadah untuk menaungi pihak berkemampuan dan keahlian kompeten, diharapkan bisa menjadi ladang prestasi.

"Jadi kita itu setiap tahun bahkan sebulan sekali rutin mengadakan acara dan even untuk membahas satu film, baik film nasional maupun film lokal untuk fokus kegiatan eksibisi dan edukasi film," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : komunitas Layar Taman

Komentar