7 Mar 2020 16:40

Banyak Kandungan Rempah, Kenikmatan Pindang Iga Dapat Cegah Virus 

Banyak Kandungan Rempah, Kenikmatan Pindang Iga Dapat Cegah Virus 

Kaganga.com, Palembang - Pindang iga sapi merupakan salah satu kuliner khas Palembang bercita rasa gurih, yang apabila dinikmati ketika hangat kuah pindang terasa sangat segar. Selain itu pindang iga sapi khas Palembang ini juga ternyata bermanfaat baik bagi tubuh, yakni mampu mencegah virus.  

Tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat Palembang, karna pindang Iga Sapi ini dibuat dengan bahan rempah-rempah asli Indonesia dan tanpa bahan penyedap. 

Dalam proses penyajian pindang iga sapi khas Palembang, dari restoran online Cik Puan milik Ibu Ita Ismail yang berada di Jalan Sukabangun I Palembang, bahwa dalam pembuatan pindang iga sapi memerlukan bahan rempah untuk memberikan aroma menggoda dan tidak menimbulkan amis dari daging sapinya. Serta membuat rasa kuah kaldu lebih lezat.  

"Siapkan asam jawa yang sudah dicairkan, kemudian geprek daun serai, lengkuas dan daun salam. Sementara bahan yang diblender adalah cabai, jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih lalu campurkan ke dalam rebusan daging iga sapi," katanya. 

Ita menerangkan, awalnya daging iga sapi haria direbus selama kurang lebih satu jam. Setelah setengah matang baru tambahkan bumbu-bumbu yang telah disediakan. Hal tersebut dilakukan agar bumbu meresap ke dalam daging. 

"Kemudiam saat merebus daging iga sapi, masukkan nanas yang telah dipotong. Nanas berguna sebagai bahan yang mempercepat pelembutan daging dan membuat daging lebih cepat empuk. Selaim itu, nanas juga membantu menghilangkan aroma pengar," terangnya  

Setelah rebusan daging iga sapi hampir matang dan telah ditambah rempah-rempah yang digeprek serta dihaluskan. Langkah selamjutnya yakni, menambah bumbu pelengkap seperti gula dan garam. 

"Sesuai selera nambahnya, dicicip biar lebih pas rasa gurihnya. Masukan asam jawa, gula, garam dan kecap bersamaan lalu aduk hingga rata. Tunggu daging iga sapi hingga matang dan air mendidih, lalu siap disajikan," jelasnya   

Setelah pindang iga sapi masak, agar tampak lebih estetik dan berwarna. Hal selanjutnya yakni buatlah sajian pindang lebih cantik dengan menambahkan kemangi dan cabai rawit. 

"Biar lebih segar juga, saat kuah masih hangat dan setelah masak pindang iga sapinya tuangkan ke mangkuk lalu sajikan dengan tambahan kemangi dan cabai rawit di tengah-tengah pindang, atau tambahkan lalapan lain seperti rebusan mentimun, wortel, dan kubis. Serta jangan lupa kasih sambal buah terasi, dan nasi untuk dikonsumsi,"pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Virus Pindang Iga

Komentar