6 Jan 2018 17:50

Ingin Jadi Jutawan di Usia 30 Tahun, Lakukan Delapan Hal Ini

Ingin Jadi Jutawan di Usia 30 Tahun, Lakukan Delapan Hal Ini

Kagang.com - Dalam masa ekonomi pasar bebas, siapapun bisa menghasilkan uang sebanyak yang mereka inginkan. Tidak pernah terlalu dini untuk memulai, karena pada kenyataannya banyak sekali anak muda yang berada di puncak kariernya saat usia muda.

Untuk membantu Anda menjadi seorang jutawan pada usia 30, berikut adalah delapan kesimpulan dari para jutawan muda mengenai hal yang harus Anda lakukan saat usia 20-an.

1. Fokus Pada Penghasilan

Menghasilkan lebih banyak uang seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun hanya beberapa orang yang sungguh melakukannya.

2. Mengembangkan Beberapa Aliran Pendapatan

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak adalah dengan meningkatkan arus pendapatan Anda.

Dalam penelitiannya selama lima tahun, Thomas C. Corley seorang jutawan menemukan bahwa banyak dari mereka mengembangkan beberapa aliran pendapatan: 65% memiliki tiga aliran, 45% memiliki empat aliran, dan 29% memiliki lima atau lebih arus.

Aliran tambahan ini mencakup penyewaan properti, investasi pasar saham, dan kepemilikan sebagian akan bisnis sampingan.

Semakin banyak arus pendapatan yang dapat Anda ciptakan dalam hidup, semakin aman fondasi keuangan Anda.

3. Jangan Pernah Pamer

Tahukah Anda bahwa seorang milyarder kaya raya seperti Mark Zuckenberg jarang sekali berbelanja untuk keperluan pribadi, khususnya dalam urusan fashion?

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda selalu membeli pakaian model terbaru saat tren mulai berganti?

Semakin pandai dalam menghemat uang, maka semakin banyak uang yang bisa dialokasikan untuk dialirkan ke beberapa arus pendapatan yang ada.

Semakin banyak arus pendapatan yang ada, semakin kuat pula arus fondasi Anda bagi masa depan. Hindari membeli barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan mendesak.

4. Ubah Pola Pikir Anda Tentang Uang

Menjadi kaya dimulai dengan bagaimana cara Anda berpikir dan apa yang Anda yakini. Sementara kebanyakan orang selalu berpikir bahwa untuk mendapatkan uang adalah dengan bekerja, orang-orang kaya selalu meyakini bahwa mereka dapat menciptakan pendapatan pasif dengan beberapa cara mudah.

Ubah pola pikir Anda, belajarlah dari para orang-orang kaya yang ada. Cobalah belajar melalui buku, seminar, atau bahkan melalui jalinan relasi dengan mereka agar Anda dapat mengerti sudut pandangnya.

5. Berinvestasi Dalam Diri Anda

Baca sebuah buku setidaknya 30 menit sehari, dengarkan podcast yang relevan saat mengemudi dan carilah mentor yang dapat membimbing Anda.

Ingatlah bahwa Anda bukan hanya perlu menjadi master di bidang Anda, namun harus menjadi jenius berpengetahuan luas yang mampu membicarakan topik apa saja entah itu finansial, politik atau olahraga.

Konsumsilah pengetahuan seperti udara yang terus dihirup dan berusahalah untuk belajar akan banyak hal. Banyak orang sukses dan kaya zaman modern yang adalah seorang pembaca.

Contohnya, Warren Buffett yang memperkirakan bahwa 80% hari kerjanya didedikasikan untuk membaca.

6. Tetapkan Tujuan dan Visualisasikan Pencapaiannya

Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak uang, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan kemudian rencana spesifik untuk bagaimana mencapai tujuan itu. Uang tidak akan muncul begitu saja – Anda harus mengerjakannya.

Orang kaya memilih untuk berkomitmen dalam mencapai kekayaan. Dibutuhkan fokus, keberanian, pengetahuan, dan banyak usaha.

Menurut seorang jutawan muda, T. Harv Eker; ”Alasan nomor satu kebanyakan orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah karena mereka tidak tahu apa yang mereka inginkan.”

7. Mulai Bergaul dengan Orang yang Anda Kagumi

Andrew Carnegie, yang memulai tanpa apa-apa sebelum menjadi orang terkaya di AS, memandang semua kekayaannya pada satu prinsip: Master Mind.

Idenya adalah untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang berbakat yang memiliki satu visi dengan Anda, karena pelurusan beberapa pikiran cerdas dan kreatif secara banyak lebih kuat daripada hanya satu.

Ditambah lagi, kita akan menjadi seperti orang-orang terdekat kita. Itulah sebabnya orang kaya cenderung bergaul dengan orang lain yang kaya.

Berteman dengan orang-orang yang lebih sukses daripada Anda berpotensi memperbesar pemikiran dan memperbesar penghasilan Anda.

Pada kenyataannya, jutawan memiliki pemikiran berbeda dari kelas menengah tentang uang, maka akan banyak yang bisa Anda dapatkan dengan kehadiran mereka.

8. Simpan Untuk Berinvestasi, Jangan Simpan Untuk Menyimpan

Satu-satunya alasan untuk menghemat uang adalah untuk menginvestasikannya. Masukkan uang tabungan Anda ke akun yang aman.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Lifestyle

Komentar