4 Mar 2018 21:35 | 267

Kenali Gejala Penyakit Jantung

Kenali Gejala Penyakit Jantung

Kaganga.com, Jakarta - Bicara soal serangan jantung, sampai saat ini penyakit tersebut masih menjadi hal yang menakutkan banyak orang. Akan tetapi, masih banyak pula masyarakat yang belum terlalu mengenali gejala dari penyakit ini.

Seperti yang disampaikan oleh dokter jantung dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA atau yang akrab disapa dr Ayu, gejala serangan jantung identik dengan rasa tertekan dan nyeri di dada dan nyeri tersebut biasanya berlangsung cukup lama, bahkan hingga 30 menit.

"Jadi kalau serangan jantung itu kita rasanya dadanya berat seperti ditindih gajah dan itu biasanya durasinya cukup lama lebih dari 5 menit, 10 menit, biasanya sampai setengah jam," terang dr Ayu dalam video Bincang Sehat.

Kemudian, pada serangan jantung, rasa nyeri di dada tersebut disertai dengan munculnya banyak keringat. Rasa nyeri ini pun bisa menjalar ke lengan kiri, punggung, dan juga leher.

"Itu menjalar ke lengan, menjalar ke belakang, menjalar ke leher, leher seperti tercekik lalu juga disertai mual karena saking sakitnya sampai muntah dan biasanya diiringi oleh basah baju," ucap dr Ayu.

Selain itu, nyeri dada, rasa sakit yang menjalar ke lengan, leher dan punggung. Keluhan sesak napas secara tiba-tiba juga menjadi tanda seseorang mengalami serangan jantung. Untuk itu, dr Ayu menyarankan untuk membawa segera pasien serangan jantung ke UGD (unit gawat darurat).

"Bukan hanya nyeri dada bisa saja keluhannya, sesak napas secara tiba-tiba dan itu mesti langsung di bawa ke UGD karena kita mesti lihat, ini benar nggak serangan jantung.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Penyakit Jantung Gejala

Komentar