17 Des 2021 15:10

Pempek Cordon Blue, Jadi Menu Baru Agar Bertahan di Masa Pandemi

Pempek Cordon Blue, Jadi Menu Baru Agar Bertahan di Masa Pandemi

Kaganga com,Palembang - Siapa tak kenal Pempek, makanan khas Palembang dengan berbagai jenis ini sudah ternama bahkan sampai manca negara. Dijaman moderen, masyarakat sudah banyak memadukan Pempek dengan isian berbagai macam. Khususnya Pempek Kapal Selam yang biasanya diisi oleh telur dan Tahu. Kalo ini ada salah satu Restoran yang memadukan Pempek Kapal Selam dengan isian ala Western. 

Pempek Cordon Blue, dari namanya sendiri sudah terlihat jika Pempek ini dipadukan dengan hidangan Cordon Bleu yang merupakan hidangan berupa daging asap Filet dan dicampurkan dengan keju. 

Inovasi ini dibuat oleh juru masak di Resto and Bar Pan Head Cafe Palembang yang terletak di jalan KH Ahmad Dahlan No 45. 

Muhammad Serli, Juru masak Pan Head mengatakan, dirinya membuat Pempek Cordon Blue berawal dari hasrat ia ingin memodifikasi makanan khas Palembang tersebut dengan sesuatu yang baru. Apalagi, pademi Covid-19 yang sedang melandai dan diiringi berkurangnya pembatasan, untuk menarik pelanggan ia menghadirkan menu baru tersebut. 

"Kalau Pempek itu sudah biasa, jadi saya ingin ada hal baru, jadilah Pempek Cordon Blue dengan perbaduan Saos Carbonara dan Cuka. Ini bisa mengobati rasa kangen masyarakat yang lama tak diizinkan makan di luar rumah dengan hidangan baru pula," kata Serli, Jumat (17/12/2021). 

Tak susah membuat Pempek Cordon Blue, kata Serli, siapkan hidangan Pempek kapal selam seperti biasa dengan olahan daging Gabus. Selesai pempek di buat, masukan daging asap Filed untuk jadi isian pempek ini. Setelah itu, pempek direbus dahulu sampai mengambang, selanjutnya taburkan tepung roti hingga menutupi seluruh lapiran pempek kemudian lanjut di goreng dengan minyak panas. Kemudian Pempek Cordon Blue siap di hidangkan dengan Toping Mozarella leleh dengan Saos Carbonara dan Cuko Pempek. 

"Hanya dua kali percobaan sampai rasa pempek ini pas dan cocok di padukan dengan saos carbonara. Rasanya pa dan ternyata enak," ungkapnya. 

Supervisor Pan Head Cafe Mirza Lutfi mengatakan, jika ide menghadirkan menu baru untuk kembali menarik pelanggan berkunjung ke tempatnya setelah lama terkena pembatasan akibat dari virus covid-19. Ia berharap dengan adanya menu baru ini bisa mempertahankan usahanya di tengah pandemi Covid-19. 

"Pempek Cordon Blue merupakan menu Baru di Pan Head Cafe yang dihadirkan menjadi salah satu menu hidangan baru, kami hanya ingij bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan ide ide hidangan baru yang di sajikan. Kami pun berharap pandemi ini segera hilang dan kondisi kembali seperti semula," pungkasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Inesalk

Tag : Pempek Palembang jajanan palembang

Komentar