7 Jan 2018 13:05 | 46

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Kaganga.com – Sudah menjadi hal yang umum bila asam urat berhubungan dengan usia. Lantaran memang kebanyakan dari mereka yang mengidap asam urat rata-rata berusia 40 tahun. Tapi tidak untuk sekarang, pada kenyataannya banyak sekali anak muda yang sudah menderita asam urat.

Penyakit ini disebabkan oleh kristal asam urat yang menumpuk di bagian sela-sela persendian. Sehingga dapat sebabkan pengidapnya merasa kesakitan, panas bahkan bisa sampai bengkak di bagian sendinya. Lantas apa yang menyebabkan asam urat tinggi di usia muda? Berikut ulasannya

Memiliki pola makan yang tak sehat

Salah satu hal yang dapat menyebabkan asam urat terjadi di usia muda adalah akibat seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Saat purin dalam tubuh sangat tinggi, maka kadar asam urat pun akan meningkat dan purin tidak dapat dikeluarkan melalui saluran urin. Alhasil malah menumpuk di persendian.

Memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas

Asam urat karena obesitas dapat terjadi karena purin menumpuk di persendian. Penumpukan tersebut terjadi karena memang proses metabolisme purin pada orang yang mempunyai berat badan berlebih sangat sulit dilakukan, sebab sudah tercampur dengan lemak yang banyak.

Selain purin, lemak juga dapat berpengaruh. Lemak berlebih dapat menghambat kinerja ginjal. Di mana ginjal tidak dapat berfungsi secara maksimal dalam menyaring asam urat dalam tubuh, akibatnya asam urat pun menumpuk dalam tubuh.

Jarang olahraga

Penyebab asam urat tinggi di usia muda selanjutnya adalah jarang melakukan olahraga. Karena peningkatan asam urat dapat terjadi karena metabolisme tubuh Anda tidak lancar akibat kurang bergerak. Sebab itulah, rajinlah berolahraga agar Anda terhindar dari penyakit asam urat.

Efek samping dari pengonsumsian obat

Apabila Anda sering konsumsi jenis obat tertentu, boleh jadi hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan asam urat di usia muda. Karena terkadang, beberapa obat beresiko sebabkan kadar asam urat meningkat. Sehingga, sebaiknya Anda berhenti konsumsi obat-obatan yang dapat memicu kenaikan asam urat.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Asam Urat Lifestyle Usia Muda

Komentar