11 Jun 2019 17:30

Sejak 1970, Pempek Saga Tetap Menjaga Cita Rasanya

Sejak 1970, Pempek Saga Tetap Menjaga Cita Rasanya

Kaganga.com,Palembang - Palembang merupakan salah satu gudangnya oleh oleh khas daerah, beberapa makanan khas daerah kota Palembang ini merupakan makanan yang sangat di gemari oleh masyarakat kota Palembang maupun masyrakat yang berkunjung ke kota Palembang ini

Salah satu makanan khasnya adalah pempek Palembang, banyak ditemukan penjual pempek seperti yang sudah dikenal masyarakat yaitu Pempek Saga Sudi Mampir yang ada di Jalan Merdeka depan kantor Walikota Palembang.
Di sini beragam varian pempek ada seperti pempek kulit, pempek keriting, pempek adaan, pempek pistel, pempek lenjer, pempek telur, pempek panggang, lenggang dan lain-lain.
Owner Pempek Saga Sudi Mampir Nyanyu Fitri menceritakan sejarah Pempek Saga Sudi Mampir.

Pempek Saga Sudi Mampir ini sudah ada sejak tahun 1970an. Bermula dari orang tuannya yang memulai usaha pempek.
"Bapak saya Kgs. H. Abdul Halim (Alm) dan ibu Hj Farida awalnya jualan pakai gerobak hingga akhirnya puny tempat khusus di sini," kata Nyanyu Fitri.

Fifit, sapaanya mengaku meskipun sudah ada sejak tahun 1970an hingga kini tetap mempertahankan citarasa pempek dan cuka pempek yang dibuat.
Kalau orang yang dari dulu suka makan Pempek Saga Sudi Mampir pasti tahu rasa pempeknya yang enak, sebab ikannya terasa dan cukanya pedas tapi nikmat.

"Pempek Saga Sudi Mampir hanya menggunakan dua jenis ikan yaitu ikan gabus dan tenggiri. Bahan utama untuk membuat pempek yaitu daging ikan yang sudah digiling atau dihaluskan. Lalu ditambah dengan sagu, garam, air dan bumbu racikan yang dibuat sendiri," bebernya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemudian kalau mau buat pempek adaan tinggal ditambahkan sedikit putih telur dan bawang merah diadonannya.
Sedangkan kalau mau buat pempek telur besar tinggal diisi kuning telur saja, tanpa putih telur.
Untuk telur yang digunakan telur bebek, sebab telur bebek mempunyai citarasa khas tersendiri.

"Guna menjaga citarasa pempek yang dibuat, di sini kami menggunakan ikan yang berkualitas dan tentunya yang masih segar. Untuk ikannya kami ada suplier tersendiri, sehingga sudah tahu kualitas ikan yang akan kami buat pempek," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pempek Saga

Komentar