3 Jun 2018 18:30 | 112

Tekan Global Warming, Hobi Kayu Sriwijaya Ajak Anggotanya Lakukan Hal Ini

Tekan Global Warming, Hobi Kayu Sriwijaya Ajak Anggotanya Lakukan Hal Ini

Kaganga.com, Palembang, – Minim pengunaan produk ramah lingkungan serta mencegah terjadi pemanasan global. Komunitas Hobi Kayu Sriwijaya edukasi anggotanya beralih dari produk solvent based (pelarut minyak) menjadi waterbased (pelarut air) dengan kualitas setara.
Ketua Komunitas Hobi Kayu Sriwijaya, M Taqwa mengatakan trend produk ramah lingkungan juga menjadi pekerjaan rumah pihaknya untuk mengajak anggotanya beralih dari penggunaan tiner (pengencer cat) ke air. Tiner salah satu zat yang menutup atmosfer bumi sehingga panas dari bumi yang seharusnya dilepaskan ke udara tertahan di bagian bawah atmosfer dan akhirnya membuat panas menyebar di bumi.
“Kita perkirakan sekitar 600-800 juta liter tiner/tahun digunakan di Indonesia sebagai pelarut cat. Angka ini cukup tinggi karena kebutuhan cat juga cukup besar yang tidak hanya pemilik bangunan juga industri furnitur , kerajinan, penggemar hobi kayu.” ujarnya, disela-sela kegiatan gathering Hobi Kayu Sriwijaya dengan PT Propan Raya, Sabtu (2/6/2018) di Hotel All Nite & Day.
Produk cat berperan penting bagi pelaku industri furniture, kerajinan dan anggotanya salah satu fungsinya pelindung terhadap gesekan, kehausan atau korosi dan memperbaiki estetika melalui warna. Keindahannya seringkali harus bertentangan dengan kesehatan dan keamanan. Ini bisa dijumpai pada begitu banyak aspek kehidupan salah satunya di komunitasnya.
“Kami berharap semua orang khususnya anggota kami mulai sadar dan memilih cat ramah lingkungan sebagai gaya hidup. Bagaimanapun, ini menjadi tugas kami semua jangan hanya menciptakan karya tapi juga ikut mencegah global warming agar efeknya tak semakin parah,’ ajaknya.
Lanjutnya, Hobi Kayu Sriwijaya walaupun komunitas ini bernama hobi kayu yang anggotanya mencapai 100 orang bukan berarti komunitas ini perusak lingkungan. Bahkan banyak anggotanya yang terjun dan mencintai kayu bekas alasannya lebih ramah lingkungan.
“Kami ada untuk menjaga. Caranya dengan memanfaatkan kayu sebaik dan semaksimal mungkin serta menggunakan cat yang ramah lingkungan,” tuturnya.
Sosialisasi yang di hadiri 50 anggota hobi kayu sriwijaya ini, berkerjasama dengan PT Propan Raya memberikan edukasi dalam bentuk talkshow dan praktik pengecatan seperti produk dempul duco dan finishing berbasis water based untuk kayu interior dan eksterior.
“Ada banyak yang dibahas, dari mulai bedanya cat kayu untuk eksterior dan interior, apa yang membuat cat kayu di eksterior cepat bermasalah, bagaimana mencegah agar kayu tidak cepat rusak, hingga pilihan produk cat kayu untuk eksterior,” ujarnya.
“Di interior ada produk Acrylux, Aqua Puty, Impra Aqua Wood Finish, sementara di eksterior ada Ultran Lasur, Propan Woodstain, dan masih banyak lagi. Pilih sesuai kebutuhan. Pemilihan produk yang tepat akan membuat kayu jadi lebih kuat dan awet,”tutupnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : hobi kayu

Komentar