6 Feb 2018 15:00 | 85

6500 Personil Siap Amankan Pilkada

6500 Personil Siap Amankan Pilkada

Kaganga.com, Muar Enim - Polres Muara Enim akan mengerahkan sebanyak 6500 personil gabungan untuk mengamankan 1.733 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim Juni mendatang. Soalnya saat ini Polres sudah mendeteksi daerah daerah yang dianggap rawan Kamtibmas pada Pilkada tersebut.

Penegasan itu disampaikan Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Ando Gunawan SIK, pada acara gelar apel tigas Pilar Kamtibmas dan simulasi Sipam Kota bersama TNI dan instansi terkait berlangsung di lapangan Medeka Muara Enim, Selasa (6/1).

Apel itu dihadiri langsung Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, Kajari Rustam SH, Wadanyonif 141 AYJP serta instansi terkait lainnya. “6500 personil pegamanan Pilkada terdiri dari Polres, Kodim, Batalyon, BKO Polda Sumsel, Linmas. Seluruhnya wajib mengamankan 1.733 TPS yang digelar pada Pilkada,” jelas Kapolres.

Menurutnya, selain menyiapkan personil pengamanan, pihaknya juga menyiapkan peralatan untuk mendukung pengamanan seluruh tahapan Pilkada. “Minggu depan penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati serta penetapan nomor urut dan tahapan kampanye. Tahapan ini sangat berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas dan kita harus siap mengamankan tahapan Pilkada tersebut,” ajak Kapolres diahapan peserta apel.

Dijelaskannya, ada 3 pilar yang perlu dilakukan personil pada tahapan Pilkada tersebut. Yang pertama melakukan upaya preentif, yang dapat dilakukan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mengantisifasi terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kemudian melakukan tindakan preentif yang dapat dilakukan personil Shabara dengan cara mengadakan patroli dialogis. Upaya ini dapat mencegah ganguan kamtibmas, Sedangkan berikutnya tindakan refresif, bagi siapa saja yang melakukan gangguan kamtibmas.

Kapolres juga menjelaskan, apel tiga pilar yang digelar untuk memastikan apakah seluruh konsep pengamanan Pilkada yang dilakukan bisa dilaksanakan. Pada apel tersebut diadakan juga simulasi pengamanan Pilkada dari para pelaku gangguan Kamtibmas.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pilkada Personil Polisi

Komentar