12 Feb 2020 19:20

Bapak Empat Orang Anak Nekat jadi Kurir Narkoba Demi Keluarga  

Bapak Empat Orang Anak Nekat jadi Kurir Narkoba Demi Keluarga  

Kaganga.com, Palembang -  Alasan untuk menafkahi keluarga dengan cara mengikutsertakan diri di rantai peredaran narkoba sangat tidak dibenarkan di negara ini. Terbukti, berdalih demi menafkahi anaknya yang berjumlah empat orang, seorang bapak bernama Basid (41), nekat menjadi kurir narkoba.   

Basid hanya tertunduk usai petugas Sat Narkoba Polrestabes Palembang menangkapnya. Pria 41 tahun ini kedapatan membawa narkoba jenis sabu seberat 34,06 gram yang dikemas dalam 4 bungkus kecil.   

Tidak hanya narkoba jenis sabu saja yang berhasil disita perugas, dari tangan Basid petugas menyita 3 butir pil ekstasi logo Kodok, satu unit timbangan digital dan uang tunai Rp 500 ribu diduga hasil penjualan narkoba.    

Kepada petugas, Basid mengakui kepemilikan sabu yang disita dari dirinya itu. Namun ia mengaku hanya bertugas mengantar karena diperintah oleh seseorang yang identitasnya dirahasiakan.    

"Saya hanya disuruh orang bawa sabu ini. Kalau laku semuanya, harganya (sabu 34,06 gram) Rp 2,1 juta. Saya dapat upah Rp 600 ribu," kata Basid saat pressrilis di Mapolrestabes Palembang, Rabu (12/2/2020).   

Basid mengaku menjadi kurir sabu sejak 6 bulan terakhir. Pekerjaan terlarang tersebut terpaksa ia lakukan karena mengaku harus menghidupi keluarganya.    "Saya khilaf (bekerja mengedarkan narkoba) karena ada empat anak saya di rumah," ucapnya lirih.   

Selain Basid, polisi juga mengamankan dua tersangka lainnya bernama Syarifudin (31) beserta barang bukti dua paket kecil sabu seberat 4,05 gram dan Saputra (39) dengan barang bukti sabu seberat 14,92 gram, satu unit timbangan digital dan sebuah pipet sedotan plastik.   

Kasat Narkoba Polrestabes Palembang, AKBP Siswandi mengatakan, pihaknya menangkap tiga pengedar sabu di tempat berbeda.   

"Dalam kurun waktu dua hari, Senin dan Selasa kemarin, anggota kita berhasil mengamankan ketiga pengedar sabu di rumahnya masing-masing," ujar Siswandi.   

Suwandi menjelaskan, ketiga pelaku berhasil ditangkap berkat informasi yang didapatkan dari masyarakat yang menyebut di rumah para pelaku sering terjadi transaksi narkoba jenis sabu.   

Mendapatkan informasi tersebut, anggota pun melakukan gerak cepat dengan melakukan penyelidikan hingga berhasil mengamankan ketiga pengedar sabu ini.   

"Tidak hanya mengamankan para pelaku, anggota kita juga turut mengamankan barang bukti sabu. Bahkan dari salah satu pelaku anggota kita juga mengamankan barang bukti tiga butir ekstasi," katanya.    "Ketiga pelaku diancam dengan pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1 Undan Undang Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara maksimal 20 tahun," jelasnya. 

Penulis : Nandoenk
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Narkoba Kurir Palembang

Komentar